Meneladan Bunda Maria Melalui Ziarah Tahunan KMK FKH UGM

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Dalam memperingati Bulan Maria yang jatuh pada setiap bulan Oktober, Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) FKH UGM mengadakan Ziarah ke Gua Maria Lawang Sih Nanggulan, Kulonprogo, Yogyakarta pada Jumat dan Sabtu, 15-16 November 2019. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, berangkat dari FKH pada Jumat pukul 15.00 sore, lalu menginap di Wisma Emanuel, Kulonprogo, Yogyakarta yang berdekatan dengan lokasi ziarah kali ini, dan pulang kembali ke Yogyakarta pada Sabtu pagi pukul 09.30. Kegiatan ziarah ini merupakan program kerja yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Pada tahun ini, ziarah yang bertema Melalui Bunda Maria, Menghidupi Amal Cinta dan Kasih Kristus ini memiliki makna dan harapan agar kita dapat meneladan sikap dan semangat hidup Bunda Maria dalam menyebarkan amal cinta dan kasih Kristus dalam kehidupan sehari-hari.

Ziarah adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengenal dan meneguhkan iman dengan berkunjung ke tempat suci. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengakrabkan semua anggota KMK FKH UGM baik dari mahasiswa angkatan atas, angkatan baru, alumni, frater pembimbing, dan dosen pembimbing yang turut ambil bagian dalam kegiatan ziarah ini.

Kegiatan ini berjalan lancar dari awal keberangkatan hingga pulang kembali ke FKH. Acara ini disambut baik dilihat dari antusiasnya mahasiswa yang turut serta dari awal acara hingga akhir. Adapun kegiatan dalam acara ini yaitu ziarah ke Gua Maria, renungan malam, api unggun, jalan salib, serta makan dan foto bersama.

Kegiatan ziarah tahun ini sangat berkesan bagi KMK FKH UGM. Banyak hal yang dapat diperoleh dari kegiatan ziarah ini, seperti dapat menjadi lebih kenal dengan angkatan atas dan para alumni, menjadi tempat berkumpulnya saudara seiman di sela-sela kesibukan masing-masing, dan juga memperkuat dan memperteguh iman akan Kristus serta menghidupi semangat cinta-Nya melalui teladan Bunda Maria. Para peserta berharap acara ini dapat terus dikembangkan dan diteruskan pada tahun-tahun selanjutnya.