PRESS RELEASE VETERINARY MOSLEM FESTIVAL 2019

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

 

Keluarga Mahasiswa Muslim Veteriner (KMMV) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada pada hari Sabtu, 23 November 2019 telah menyelenggarakan kegiatan Veterinary Moslem Festival atau lebih dikenal dengan VMF. Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari pukul 08.00 sampai 13.00 WIB, dengan mengangkat tema “Menguatkan Edukasi Veteriner Terhadap Anak-Anak

Tema “Menguatkan Edukasi Veteriner Terhadap Anak-Anak” dilatarbelakangi oleh urgensi akan pelestarian ekosistem hewan. Kita sebagai manusia tidak hanya memperhatikan hubungan kita dengan Tuhan dan sesama manusia, tetapi juga hubungan kita dengan hewan dan lingkungannya. Pada faktanya kerusakan lingkungan semakin sering terjadi. Salah satu faktornya adalah ulah manusia. Sebenarnya islam sudah memberikan solusi dari permasalahan lingkungan tersebut. Islam mengajarkan kepada kita bahwa diantara tugas dan kewajiban kita selain beribadah kepada Allah juga diberi tugas untuk memakmurkan bumi dan ciptaan-Nya. Memakmurkan dalam arti memelihara, menyelamatkan, dan mengelolanya dengan baik dan benar, sehingga menciptakan kemakmuran bagi manusia dan hewan.

Veterinary Moslem Festival (VMF) terdiri dari dua rangkaian acara, yaitu lomba anak dan pengenalan satwa. Adapun jenis lomba yang diselenggarakan adalah lomba adzan, mewarnai, tartil, da’i cilik, dan acak rukun. Kegiatan lomba diikuti oleh 92 anak SD maupun TPA. Mereka terlihat sangat senang dan menikmati seluruh rangkaian acara. Pada VMF tahun ini juga turut mengundang lembaga dakwah fakultas dalam lingkup cluster Agro untuk berpartisipasi.

Acara ini turut mengundang unit kegiatan mahasiswa (UKM) seperti KSSL untuk turut berpartisipasi dengan memberikan pengenalan satwa kepada anak-anak.  Anak-anak sangat tertarik untuk melihat, memegang maupun berfoto dengan satwa yang dibawa oleh setiap UKM.

Perlombaan yang diselenggarakan pada VMF ini diharapkan menjadi ajang bagi anak untuk berinteraksi, bersosialisasi dalam sebuah kompetisi yang sehat serta dalam upaya membina dan mengembangkan bakat dan potensi anak. VMF ini juga diharapkan dapat menambah pengetahuan anak mengenai satwa serta menambah kepedulian mereka terhadap lingkungan hidup satwa itu sendiri. Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan piala, sertifikat dan hadiah kepada 5 pemenang terbaik dari masing-masing lomba dan foto bersama panitia acara.

KELUARGA MAHASISWA MUSLIM VETERINER

Official Account

Line                 : @ilr0512b
Instagram      : @kmmv_ugm
CP                    : Ariq (081328079892/WA)