KSHK Goes to School: Animal Welfare Education

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Departemen Aksi Masyarakat Kelompok Studi Hewan Kesayangan FKH UGM mengadakan kegiatan “KSHK Goes to School” yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian serta mensosialisasikan peran dokter hewan dalam bidang hewan kesayangan kepada masyarakat, khususnya siswa siswi sekolah dasar. Kegiatan KSHK Goes to School diadakan di SDN Puren, Condongcatur, Sleman pada hari Sabtu, 26 Oktober 2019. Kegiatan yang bertema Animal Welfare Education ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 4, 5, dan 6 sekolah dasar.

Kegiatan diawali dengan pengenalan hewan kesayangan, diantaranya yaitu kucing, gecko, sugar glider, kura-kura, dan ular. Peserta diberikan penjelasan materi mengenai fakta unik, penjelasan habitat, serta bagaimana hewan tersebut dapat bertahan hidup. Penjelasan disampaikan dengan teknis kunjungan pos sekaligus diadakan kuis di masing-masing pos untuk mengapresiasi dan menguji peserta mengenai materi yang telah disampaikan. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa kelas 4, 5, dan 6 karena dapat berinteraksi langsung dengan hewan-hewan kesayangan. Selain itu juga, diadakan sosialisasi mengenai peran dokter hewan yang bertujuan untuk memberikan gambaran dan peran penting dokter hewan di lingkungan masyarakat.

Games edukasi diadakan dengan tujuan untuk mereview materi yang telah dijelaskan dan diikuti dengan pembagian doorprize sebagai salah satu bentuk apresisasi untuk siswa yang berani mengutarakan pendapat dan menjawab pertanyaan dengan benar. Dengan diadakannya kegiatan ini, peserta diharapkan mampu menambah kepedulian terhadap hewan serta dapat menambah pengetahuan mengenai hewan-hewan kesayangan dan profesi dokter hewan. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta, panitia, dan guru pendamping yang terlibat sekaligus pemberian kenang-kenangan kepada pihak sekolah.