Menjadi Ahli Hewan Laboratorium Bersama VSC FKH UGM

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Pelatihan Hewan Laboratorium ”PHL” yang telah berlangsung 20 April 2019 bertempat di Laboratorium Patologi Klinik FKH UGM berisikan pengajaran terhadap mahasiswa tentang perlakuan yang baik dan benar; sesuai dengan etik terhadap hewan laboratorium seperti tikusĀ  dan mencit. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya program penelitian mahasiswa yang membutuhkan hewan laboratorium sebagai hewan coba, namun pengetahuan akan hewan laboratorium itu sendiri masih rendah dikalangan mahasiswa, maka dari itu Veterinary Science Community menyelenggarakan kegiatan tersebut bekerja sama dengan Laboratorium Patologi Klinik FKH UGM.

Rangkaian acara dari pelatihan hewan laboratorium terdiri dari pemberian materi terkait jenis-jenis hewan laboratorium, cara handling dan restrain, serta perlakuan-perlakuan lain yang biasa digunakan, misalnya dalam pemberian perlakuan/drug administration serta pengambilan darah. Materi teraebut disampaikan oleh drh. Dorothea Vera Megarani, MPH yang merupakan salah satu dosen patologi klinik FKH UGM. Harapan dari penyampaian materi tersebut mahasiswa menjadi lebih paham dengan hewan yang akan dihadapi saat sesi praktik dan memperlakukannya secara lege artist.

Sesi selanjutnya yang merupakan sesi terakhir dari pelatihan hewan laboratorium adalah praktik langsung dengan hewan tikus dan mencit yang dibimbing langsung oleh Asisten Patologi Klinik FKH UGM. Salah satu peserta yang berhasil kami wawancarai memberi feed back positif terhadap acara ini, “PHL tahun depan wajib diadakan lagi, terlebih untuk mahasiswa baru khususnya FKH UGM, pada semester awal belum mendapatkan materi tentang hewan laboratorium, jadi jika ingin mengikuti program penellitian misalnya PKM Penelitian Eksakta dengan adanya PHL ini cukup membantu”.

Harapan untuk tahun selanjutnya pelatihan hewan laboratorium tetap bisa dilaksanakan dengan peningkatan jenis hewan laboratorium yang digunakan, mengingat kebutuhan akan hewan coba tidak terbatas pada mencit dan tikus, sehingga akan lebih banyak mahasiswa khususnya FKH UGM yang lebih terbantu dengan adanya acara ini dan penelitian di FKH UGM semakin meningkat, baik secara kualitas maupun kuantitas.

#VSCBergerakBersama