Rapat Senat Terbuka Fakultas Kedokteran Hewan 2024

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Sebagai salah satu rangkaian peringatan Dies Natalis Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (FKH UGM) ke-78, pada Jumat (20/09) diselenggarakan acara tahunan Rapat Senat Terbuka 2024 yang bertempat di Auditorium FKH UGM. Rapat Senat Terbuka dibuka oleh ketua Senat, Prof. Dr. drh. SIti Isrina Oktavia Salasia, M.P., didampingi oleh Sekretaris Senat, Prof. Dr. drh. Sarmin, M.P.,, Dekan, dan jajaran Guru Besar FKH UGM yang berjumlah 12 Dosen. Selain itu, acara juga dihadiri oleh tamu undangan yang terdiri dari pengelola universitas, pengelola fakultas dan prodi, alumni, perwakilan mitra, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. (SDG 17 Kemitraan untuk mencapai Tujuan)

Setelah rapat senat dibuka, agenda selanjutnya adalah penyampaian Laporan Dekan tahun 2024 oleh Prof. drh. Teguh Budipitojo, M.P., Ph.D selaku Dekan FKH UGM. Tema yang diangkat oleh Dies Natalis FKH UGM ke-78 adalah “Transformasi Profesi Dokter Hewan dalam menghadapi Era Digital dan Perkembangan Artificial Intelligent”.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Orasi Ilmiah yang disampaikan oleh Ketua Departemen Bedah dan Radiologi, Dr. drh. Dhirgo Aji, M.P. dengan judul “Osteoartritis pada Anjing: Problem, Terapi, dan Dampak Ekonomi pada Masyarakat Pemilik Anjing di Indonesia”. Osteoartritis (OA) merupakan kelainan muskuloskeletal yang banyak dijumpai pada hewan peliharaan, terutama anjing. Saat ini, osteoartritis pada anjing merupakan kasus penyakit artikuler yang paling banyak dijumpai di Indonesia dan negara negara lain di Asia, Eropa bahkan Amerika. Dampak terganggunya kesejahteraan hewan penderita OA sangat jelas terlihat pada gejala nyeri yang amat sangat sehingga hewan berjalan timpang atau bahkan tidak mampu berdiri. (SDG 15 Ekosistem Darat)

Dalam pidatonya, Dr. Dhirgo Aji menjelaskan jenis obat-obatan yang digunakan sebagai terapi bagi anjing penderita OA, serta tindakan operasi yang harus dilakukan apabila kondisi sudah semakin parah. Jenis obat yang digunakan adalah Anti-inflamasi Non Steroid dan tindakan operasi berupa Total Hip Replacement dan Total Knee Replacement. Perlu diketahui juga tindakan pengobatan dan operatif ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. (SDG 4 Pendidikan Berkualitas)

Beliau juga mengingatkan para pemilik akan pentingnya kesejahteraan hewan peliharaan. Pemilik hewan peliharaan harus siap secara fisik, mental dan ekonomi untuk mengobati hewan peliharaan yang terpapar penyakit terutama OA, karena hal ini adalah bentuk memastikan kesejahteraan hewan terpenuhi dengan baik.  (SDG 4 Pendidikan Berkualitas, SDG 15 Ekosistem Darat)

Selain itu, FKH UGM juga memberikan insentif kepada mahasiswa berprestasi beserta dosen pembimbingnya sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi yang diraih seperti pada kompetisi akademik dan non-akademik. Rapat Terbuka Senat Fakultas Kedokteran Hewan Tahun 2024 diakhiri dengan pemotongan tumpeng dalam rangka Dies Natalis ke-78 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. (SDG 1 Tanpa Kemiskinan, SDG 2 Tanpa Kelaparan)

 

Penulis : Dea Dwi Novita & Yanis Ramadhanti