PENGABDIAN MASYARAKAT MAGISTER SAINS VETERINER FKH UGM 2024

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Rabu 5 Juni 2024 Prodi S2 FKH UGM melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema Penanganan Kasus Anthrax di desa Serut, Gunungkidul. Kegiatan ini ditujukan sebagai upaya pembelajaran kepada masyarakat pada umumnya dan para peternak khususnya. Karena penyakit Anthrax tergolong penyakit Zoonosis yang artinya disamping menyerang ternak tapi bisa juga menular kepada manusia.
Penyakit Anthrax perlu mendapatkan perhatian dan penanganan khusus karena sulit diberantas. Penyebaran penyakit ini melalui spora yang bisa menyebar dengan sangat cepat dan cakupan wilayah terdampak yang sangat luas. Selain itu spora Anthrax juga bisa bertahan hidup sampai puluhan tahun.
Kegiatan Pengabdian Masyarakat kali ini diisi dengan pemaparan cara menangani wabah penyakit Anthrax oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya.
Setelah kegiatan penyuluhan dilanjutkan dengan pemberian bantuan berupa vitamin dan obat cacing kepada peternak kambing dan sapi setempat.

Kegiatan ini selaras dengan SDGs utamanya ( Hastag) : poin 3 kehidupan sehat dan sejahtera, poin 12 konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab dan poin 15 ekosistem daratan