GRAND LAUNCHING KM FKH UGM 2024

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Grand Launching Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM (KM FKH UGM) adalah acara wajib tahunan yang dilaksanakan untuk memperkenalkan, meresmikan kepengurusan baru dan perencanaan program kerja dalam satu periode kepengurusan serta menunjukkan jalannya sinergi antar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Organisasi Mahasiswa(Ormawa) di Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Grand Launching KM FKH UGM tahun ini dilaksanakan pada Sabtu, 30 Maret 2024 secara luring di Ruang 101 FKH UGM. Acara ini dihadiri oleh total 108 tamu undangan yang berupa Perwakilan BEM/DEMA/LM/LEM dari fakultas-fakultas lain di UGM, Pembina UKM dan Ormawa di FKH UGM, Mahasiswa/i dari berbagai UKM dan Ormawa di FKH UGM, serta Perwakilan setiap angkatan mahasiswa/i FKH UGM. Tahun ini, Grand Launching mengusung tema ‘Muda dan Menyala’ yang melambangkan dengan hadirnya kepengurusan UKM dan ORMAWA baru di Keluarga Mahasiswa FKH UGM diharapkan dapat memantik jiwa muda kepengurusan baru selama satu periode kedepan.

Foto Bersama KM FKH UGM

Selain itu Grand Launching ini juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan sinergi yang baik antar UKM dan ORMAWA KM FKH UGM dengan lembaga fakultas lain yang ada di UGM. Acara ini berlangsung selama 4 jam dan diawali dengan penampilan dari mahasiswa dan mahasiswi FKH UGM, lalu pembukaan Grand Launching oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Gadjah Mada. Tak luput dilanjutkan sambutan dari Ketua Panitia Grand Launching, Ketua SM dan BEM FKH UGM, serta Sekretaris Kaprodi drh. Sri Gustari, M. P. Acara dilanjutkan dengan pemutaran kumpulan video rewind satu tahun kepengurusan yang lalu (22/23), yang berisi program kerja yang sudah dilaksanakan tiap UKM dan Ormawa di FKH UGM. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari setiap UKM yang ada di FKH yang meliputi KSSL, KSHK, HSTP, KMMV, KMK, PMK, VETPAGAMA, VSC, OSVET, BPPM, Kewanian, SM, IMAKAHI, dan BEM. Kegiatan ditutup dengan pengesahan BEM secara simbolis dan pakta integritas yang ditanda tangani oleh semua ketua UKM di FKH UGM sebagai bukti sinergi dari setiap UKM di FKH UGM, tak lupa adanya dokumentasi kegiatan yang melibatkan seluruh hadirin.

Kegiatan ini berlangsung dengan menyenangkan, akrab, dan lancar yang dapat dilihat dari kesan pesan tamu undangan yang hadir pada sesi ice breaking. Secara keseluruhan, Kegiatan Grand Launching KM FKH UGM 2024 ini berjalan dengan sukses. Berlangsungnya kegiatan ini dengan meriah menunjukkan adanya sinergitas dan hubungan baik yang terjalin antara UKM dan Ormawa di FKH UGM dengan lembaga-lembaga di fakultas-fakultas lain. Semoga kegiatan-kegiatan selanjutnya dari KM FKH UGM dapat semakin baik dan bermanfaat.

Cr: Maulida Husnia
Penandatangan Pakta Integritas KM FKH UGM

Kegiatan Grand Launching KM FKH UGM 2024 ini memiliki korelasi tersendiri dengan pokok-pokok Sustainable Development Goals. Salah satunya ialah mendukung tujuan Industri, inovasi, dan infrastruktur. Lewat kegiatan ini membantu mahasiswa kedokteran hewan untuk mengembangkan keterampilan dan kapasitas mereka dalam berbagai bidang, seperti komunikasi, kepemimpinan, dan kerja tim. Hal ini dapat mempersiapkan mereka untuk menjadi dokter hewan yang profesional dan berdaya saing di masa depan. Keterampilan dan kapasitas ini mampu di wujudkan dalam berdinamika bersama lewat suatu unit kegiatan mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan. Kemudian secara tidak langsung kegiatan ini mendukung tujuan SDGs ke 11, kota dan komunitas yang berkelanjutan, dikarenakan dampak kegiatan ini memberikan output pembentukan karakter mahasiswa untuk menjadi agen perubahan dalam membangun kota dan pemukiman manusia yang berkelanjutan. Mahasiswa dapat terlibat dalam berbagai kegiatan dalam unit kegiatan kemahasiswaan yang mereka pilih sehingga kontribusi dalam program kegiatan di unit kegiatan kemahasiswaan tersebut membantu pembentukan karakter sebagai agent of changes di kemudian hari. Diharapkan pula dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk saling mengenal, bertukar ide, dan mengembangkan diri bersama. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan rasa solidaritas dan kepedulian antar mahasiswa.

Kegiatan ini dapat mempromosikan perdamaian dan inklusivitas dengan membawa mahasiswa dari berbagai latar belakang bersama untuk merayakan pendirian organisasi dan unit kegiatan mahasiswa baru yang berarti secara tidak langsung turut berkontribusi dalam tujuan SDGS point ke 16 tentang perdamaian, keadilan, dan kelembaagan yang kuat. Last but not least, Kegiatan ini bertujuan untuk membangun hubungan kerjasama dan kemitraan antar mahasiswa, organisasi mahasiswa, unit kegiatan kemahasiswaan dan pihak-pihak terkait supaya tercapai goal yang sejak awal sudah ditetapkan. Dengan membangun kemitraan dan kerjasama, Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan dapat berkontribusi dalam pencapaian SDGs ke 17: Kemitraan untuk mencapai tujuan.

Dengan demikian menjadi penting terlaksananya kegiatan Grand Launching FKH UGM 2024 dikarenakan banyak ouput baik yang mampu di dapatkan mahasiswa dan fakultas lewat sinergitas yang diciptakan setelah secara resmi pakta integritas keluaga mahasiswa FKH UGM ditanda tangani.

 

Penulis: Nadhifah Eka Prastuti dan Syifa Annisa