FKH UGM MELOLOSKAN PROPOSAL TERBANYAK DALAM LIGA PKM UGM 2019

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Pada pertengahan bulan Februari 2019 lalu, Direktorat Kemahasiswaan melalui Subdit Kreativitas Mahasiswa UGM menyelenggarakan Liga PKM UGM 2019. Kegiatan ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan. Liga PKM UGM bertujuan untuk menjaring proposal-proposal PKM yang bagus sejak awal guna untuk diajukan pada pendanaan PKM tahun 2020. Pusat Informasi dan Komunikasi (PIKO) PKM merupakan motor penggerak mahasiswa FKH UGM dalam menyusun dan mengirim proposal PKM yang berkualitas. Tim yang dipimpin oleh drh. Anggi Muhtar Pratama, M.Sc. bersama beberapa mahasiswa telah berhasil membantu mahasiswa sehingga FKH UGM mampu mengirimkan 22 proposal dalam waktu yang sangat singkat, jumlah ini merupakan terbanyak ke-3 setelah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Sekolah Vokasi.

Namun berdasarkan hasil evaluasi oleh reviever UGM, jumlah proposal mahasiswa FKH UGM yang memperoleh insentif sejumlah 21 proposal. Jumlah ini merupakan yang tertinggi diantara Fakultas lain di UGM. Capaian ini tentunya sangat menggembirakan bagi prestasi mahasiswa FKH UGM. Ditemui di tempat terpisah, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKH UGM drh. Agung Budiyanto, M.P., Ph.D turut mengapresiasi pencapaian prestasi ini dan berharap supaya capaian ini bisa ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya. Tentunya prestasi ini tidak lepas dari dukungan FKH UGM dalam mempersiapkan proposal PKM yang berkualitas melalui PIKO PKM FKH UGM. Pada tanggal 28 Februari 2019 lalu diselenggarakan sosialisasi Liga PKM dan disusul dengan pendampingan penyusunan proposal dari tanggal 28 Februari hingga 15 Maret 2019 di Coworking space FKH UGM.

Sejumlah 21 proposal tersebut akan mendapatkan insentif Rp800.000,-/per proposal. Insentif ini diharapkan dapat menjadi stimulus dan mendorong mahasiswa untuk lebih berkreasi menuangkan ide/gagasan dalam kegiatan PKM. Bagi tim yang telah mendapatkan insentif, diwajibkan untuk mengunggah proposal PKM tersebut pada simbelmawa saat pengajuan pendanaan PKM tahun 2020. Meskipun demikian, PIKO akan terus berusaha untuk meningkatkan jumlah proposal PKM yang diunggah ke simbelmawa tentunya yang lebih berkualitas, sehingga mahasiswa FKH UGM bisa lebih banyak lagi yang memperoleh hibah PKM dari Ristekdikti di tahun 2020.