Rebut Piala Dekan FKH, Ratusan Peserta ikuti Lomba Kicau Burung

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Kontes Burung Berkicau Piala Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (FKH UGM) kembali digelar. Kontes Burung Berkicau adalah acara tahunan yang diselenggarakan dalam rangkaian Dies Natalis FKH UGM yang ke 78. Pada tahun ke-8, tahun 2024 ini, lomba kicau burung diadakan selama dua hari, yaitu pada Minggu, 15 September 2024 dan Senin, 16 September 2024. Acara pada hari Minggu dikhususkan untuk lomba ocehan, dan pada hari Senin, dikhususkan untuk kontes Burung Kenari yang bekerja sama dengan Jogja Kenari Istimewa (JKI). (SDG 17 Kemitraan untuk mencapai Tujuan).

Kegiatan Lomba Kicau Burung Piala Dekan FKH UGM ini tidak hanya diikuti oleh peserta dari daerah Yogyakarta saja. Tetapi juga diikuti oleh sejumlah peserta yang berasal dari luar daerah Yogyakarta seperti Boyolali, Semarang, Cilacap hingga Tangerang dan Bali. Adapun kelas yang diperlombakan cukup beragam hingga mencapai 27 kelas kenari dan semua kelas terisi penuh. Burung-burung yang dilombakan dinilai berdasarkan durasi, variasi kicauan, dan keserasian suara. Pemenang lomba akan mendapatkan hadiah berupa piala, sertifikat, dan uang tunai. Selain itu, burung pemenang lomba diprediksi akan semakin diminati oleh kolektor dan pecinta burung lainnya (SDG 15 Ekosistem Daratan).

Burung Kicau adalah jenis hewan kesayangan yang dapat dilatih. Secara historis, pada zaman dahulu pemilik burung kicau adalah bangsawan dan priyayi. Namun dewasa ini peminat masyarakat untuk memiliki burung kicau semakin banyak. Hal ini menuai keuntungan karena membantu perlindungan dan pelestarian satwa aves ini. Selain itu, perawatan dari pemilik yang maksimal meminimalisir  terjadinya penyakit dari burung yang dapat menular ke manusia. (SDG 15 Ekosistem Daratan).

Keuntungan lain dari memelihara burung kicau adalah apabila dilatih dan dirawat dengan benar, burung-burung ini dapat diikutkan pada perlombaan-perlombaan kicau burung. Burung yang berhasil memenangkan lomba kicau akan mendapatkan hadiah berupa piala dan uang pembinaan. Selain itu, apabila seekor burung kicau berhasil menang, maka harga jualnya akan meningkat. Hal ini dapat mendongkrak perekonomian pemilik ataupun pebisnis yang tertarik pada dunia burung kicau. (SDG 1 Tanpa Kemiskinan).

Baca juga: Serunya Adu Kemerduan Burung Kenari dalam Kontes Piala Burung Berkicau Piala Dekan FKH UGM 2024