AWARE OF ISSUE 2024 “A Pawfect Pet”

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Aware of Issue merupakan salah satu program kerja tahunan Departemen Aksi dan Propaganda BEM FKH UGM. Tahun ini, kegiatan ini mengangkat tema “A Pawfect Pet” dengan tujuan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai salah satu fokus isu BEM FKH UGM yaitu Animal Welfare. Serta turut meningkatkan wawasan masyarakat mengenai kesehatan dan kesejahteraan hewan, khususnya hewan peliharaan. (SDG 4 Pendidikan Berkualitas)

Aware of Issue 2024 dikemas dalam beberapa rangkaian kegiatan yang dimulai dari rilis kajian, konten pencerdasan, kampanye, dan ditutup dengan seminar, serta Medical Check-up untuk hewan peliharaan. Rilis kajian Aware of Issue 2024 yang dipublikasikan di media sosial Instagram Aware of Issue @aoi_bemfkhugm pada tanggal 19 April 2024 menjadi awal dari rangkaian kegiatan ini. Selanjutnya, postingan pencerdasan diisi dengan beberapa konten mengenai fakta unik dan wawasan seputar Animal Welfare yang diunggah melalui Instagram @aoi_bemfkhugm. Adapun kampanye online yang dilaksanakan pada 19 April 2024 hingga 19 Mei 2024. Kampanye dilakukan dengan menggunakan fitur “add yours” di Instagram dan sukses menjangkau masyarakat luas dengan mengunggah foto yang menunjukkan “street feeding moment dan “a day with your pet”. 

Puncak dari kegiatan Aware of Issue 2024 adalah dilaksanakannya seminar dan Medical Check-up yang di Ruang Auditorium Fakultas Kedokteran Hewan UGM pada Sabtu, 25 Mei 2024 pukul 09.30–14.00 WIB. Seminar dihadiri oleh 63 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. Seminar diawali dengan sambutan Ketua Panitia, Ketua BEM FKH UGM, serta Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. (SDG 17 Kerjasama untuk Mencapai Tujuan)

Kegiatan ini berkorelasi dengan tujuan ke-3 Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Pemaparan materi oleh Dr. drh. Widagdo Sri Nugroho mengenai “Human Well Being Based on Animal Welfare” menyinggung mengenai kesejahteraan manusia berkaitan erat dengan kesejahteraan hewan. Beliau juga membahas penyuluhan mengenai undang-undang yang mengatur perlakuan terhadap hewan, peraturan kepemilikan dan regulasi ketat kepemilikan hewan eksotik, serta zoonosis pada hewan khususnya hewan peliharaan. Dokter Widagdo menekankan bahwa kesejahteraan hewan adalah isu yang penting untuk diketahui dan dipahami oleh masyarakat, terutama dengan prinsip “5 Freedoms”. Namun, implementasi kesejahteraan hewan juga perlu didukung oleh regulasi pemerintah yang kuat. Hal ini berkaitan dengan tujuan ke-3 SDGs, dimana kesehatan dan kesejahteraan yang baik akan meningkatkan taraf kehidupan manusia. Hal ini juga merupakan bentuk pendidikan berkelanjutan karena pengetahuannya cocok untuk masyarakat umum dan berdampak pada semua orang. (SDGs 4 Pendidikan Berkualitas).

Kegiatan diakhiri dengan Medical Check-up yang dilakukan secara langsung oleh drh. Eritta Woro Wittanti. Beliau merupakan dokter hewan praktisi di klinik hewan Satwakita Pets & Shop. Adapun pasien yang mengikuti Medical Check-up untuk hewan peliharaan yaitu 9 hewan. Pasien yang mengikuti sesi Medical Check-up mayoritas adalah hewan kucing, namun ada juga hewan anjing, marmut, dan katak. (SDGs 15 Ekosistem Darat)

Harapannya, dari terselenggaranya Aware of Issue 2024 dapat  terus meningkatkan kesadaran dan wawasan masyarakat terhadap pentingnya Animal Welfare, serta turut membangun kehidupan sehat dan sejahtera demi menjaga kesejahteraan hewan di sekitar kita.

Cr: Faries Fatih Ariyudho.