SEMOET DOLAN VETPAGAMA FVM UGM 2024

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Veterinary Pecinta Alam Gadjah Mada (VETPAGAMA) FKH UGM telah melaksanakan kegiatan Semoet Dolan 2024. Semoet Dolan merupakan kegiatan upgrading anggota yang bertujuan untuk memperkuat hubungan internal dan sebagai wadah untuk anggota Vetpagama untuk melakukan kegiatan kepecintaalaman dalam bentuk kegiatan camping dan outbound. Semoet Dolan merupakan program kerja baru pada tahun ini yang dilaksanakan pada tanggal 14 dan 15 Juni 2024 tepatnya di Bukit Klangon, Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan total 12 anggota.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 19.00 dengan sesi memasak bersama, dilanjutkan dengan sesi games, sharing session dan bonding. Kemudian dilanjutkan dengan outbound di sepanjang jalan setapak bukit Klangon pada pagi hari kedua. Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan habitat pada daerah terus dan membuat anggota baru bertanggung jawab, serta ikut andil dalam pelestarian alam.

Meskipun acara yang dilakukan cukup padat, serta memerlukan banyak persiapan, peserta Semoet Dolan memastikan tidak ada sampah yang tertinggal. Prosesi masak bersama menggunakan bahan yang dapat diaur ulang dan dipastikan tidak meninggalkan api yang dapat merusak habitat sekitar.

Harapan kami melalui kegiatan ini adalah semakin tumbuhnya kesadaran atas kerusakan alam yang banyak terjadi di Indonesia dan juga terpupuknya rasa cinta kepada alam dalam diri setiap anggota. Dengan demikian, kegiatan ini berkontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals pada poin ke-13 mengenai penanganan perubahan iklim dan poin ke-15 mengenai ekosistem daratan.

Salam lestari!

Penulis: Qolbii Annisa M. G. dan Ardelia Kirana A.

Kredit Foto: Ardelia Kirana A.