Kerja Sama Internasional antara FKH UGM dan Suranaree University of Technology untuk Program Pertukaran Mahasiswa dan Penelitian Riset

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Senin, 10 Juni 2024 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (FKH UGM) menerima kunjungan Delegasi dari Institute of Agricultural Technology, Suranaree University of Technology, Thailand. Kegiatan ini bertujuan untuk penandatangan Perjanjian Kerja Sama (MoA) antara FKH UGM dan Institute of Agricultural Technology, Suranaree University of Technology. Fokus dari kerjasama ini adalah program pertukaran dosen dan mahasiswa (Exchange of academic scholars & students), program penelitian bersama dan kerjasama akademik lainnya.

Delegasi dari Institute of Agricultural Technology yang hadir dalam kegiatan ini adalah Dean Professor Surinton Boonanuntanasarn, Ph.D., Associate Professor Pramote Paengkoum, Ph.D, Assistant Professor Wittawat Molee, Ph.D., Assistant Professor Chatsirin Nakharutahi, Ph.D., dan Pornphuttachat Sota, DVM., Ph.D. Sedangkan perwakilan dari FKH UGM yang hadir adalah Dekan FKH UGM Prof. drh. Teguh Budipitojo, MP., Ph.D., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan drh. Agung Budiyanto, MP., Ph.D., Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset, Sumber Daya Manusia, Dr. drh. Widagdo Sri Nugroho, MP., dan Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerjasama, dan Alumni Prof. Dr. drh. Aris Haryanto, M.Si., dan dosen perwakilan dari setiap departemen.

Selain itu, juga ada pemaparan mengenai profil Institute of Agricultural Technology dan riset-riset yang sedang diteliti oleh delegasi dari Institute of Agricultural Technology seperti Korat Chicken dan Bioteknologi dalam bidang Kedokteran Hewan. Sebelumnya juga telah diadakan kuliah umum yang dihadiri oleh mahasiswa FKH UGM. Tampak antusias mahasiswa ketika ada pemaparan terkait program pertukaran mahasiswa dan beasiswa-beasiswa untuk program perkuliahan.

Setelah penandatangan kerjasama, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Unit Pendidikan dan Pelatihan Kesehatan Hewan (UP2KH) dan Rumah Sakit Hewan (RSH) Prof. Soeparwi. Kunjungan ini didampingi oleh Prof. Dr. drh. Aris Haryanto, M.Si dan drh. Woro Danur Wendo, M.Sc., Ph.D. Kunjungan ini bertujuan untuk memperlihatkan fasilitas yang ada di FKH UGM serta membuka peluang untuk berkolaborasi khususnya di bidang penelitian antara kedua universitas.

Penandatangan MOA ini sesuai dengan program Pembangunan Berkelanjutan yang mendukung beberapa indikator Sustainable Development Goals (SDGs) sesuai dengan poin SDG 4: Pendidikan Berkualitas dan poin SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan dengan misi menyelenggarakan pendidikan yang bermutu kepada masyarakat melalui kerjasama di bidang pendidikan dan riset penelitian dengan universitas di luar negeri.