HSTP BERGERAK 2024

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Himpunan Studi Ternak Produktif (HSTP) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada kembali menggelar acara tahunan HSTP Bergerak pada Sabtu, 11 Mei 2024. Bertempat di Fakultas Kedokteran Hewan UGM, acara ini menarik perhatian puluhan siswa dari berbagai sekolah menengah atas di Yogyakarta bahkan beberapa siswa dari Semarang. Dengan tema yang diusung “Farm Your Knowledge: Shepherd Your Body, Sharpen Your Mind”, acara ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan dalam dunia Kedokteran Hewan. Acara yang dimulai pada pukul 08.00 pagi ini dihadiri oleh drh. Woro Danur Wendo, M.Sc., Ph.D. sebagai narasumber utama. Peserta diajak untuk memperdalam pengetahuan mereka melalui sesi pemaparan materi yang disampaikan dengan apik oleh narasumber tersebut. Setelah itu, para peserta dibagi menjadi tujuh kelompok yang dipandu oleh panitia untuk mengikuti beberapa pos kegiatan yang telah disiapkan.

Pos kegiatan tersebut meliputi Pos Unggas yang memberikan penjelasan tentang jenis-jenis ayam dan teknik sexing ayam. Pos Akuatik yang memperkenalkan cara pengambilan darah lele serta pengetahuan tentang jenis-jenis ikan dan penyakit ikan. Pos Ruminansia yang memberikan pemahaman tentang sapi, termasuk pengenalan bentuk kandang, anatomi sapi, jenis-jenis pakan, pengecekan pulsus, dan teknik handling serta restrain sapi. Selain itu, ada juga Pos Non Ruminansia yang membahas tentang kuda, termasuk penanganan dan jenis-jenis pakan kuda. Tak hanya kegiatan pemaparan, acara ini juga menyuguhkan Pos Game yang menghadirkan serangkaian permainan estafet, Pos Photobooth untuk mengabadikan momen kebersamaan, dan Pos “A Day with Vet“, serta pos small group discussion (SGD) yang memberikan pengalaman langsung dan diskusi mendalam tentang dunia Kedokteran Hewan. Para peserta juga diberi kesempatan langka untuk mengunjungi laboratorium makroanatomi dan melihat secara langsung beberapa preparat menarik.

Acara ini ditutup dengan sesi awarding dan foto bersama sebagai kenang-kenangan. Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan acara ini, mulai dari panitia, narasumber, peserta, hingga fakultas yang telah memberikan dukungan penuh. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang Kedokteran Hewan di Indonesia.

Acara HSTP Bergerak yang berlangsung pada hari Sabtu, 11 Mei 2024 selaras mendukung nilai-nilai SGDs (Sustainable Development Goals) pada poin 3,4, dan 10 yaitu Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan dengan cara meningkatkan kesejahteraan manusia melalui kesehatan hewan, Pendidikan Berkualitas dengan cara pemberian edukasi dan pengetahuan mengenai dunia kedokteran hewan, Berkurangnya Kesenjangan karena HSTP Bergerak 2024 dibuka untuk siswa-siswi SMA tanpa melihat jenjang kelas.