Edukasi Penanganan Mastitif Kepada Peternak Kambing Peranakan Etawa di Samigaluh Kulonprogo DI Kulon Progo

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

 

Sabtu, 8 Juni 2024. PPDH FKH UGM melakukan Pengabdian Masyarakat tentang Pemeliharaan Ternak Kambing di Desa Kebonharjo Kecamatan Samigaluh Kulonprogo. Pengabdian masyarakat ini berputar pada materi edukasi mengenai penanganan Mastitis kepada peternak kambing peranakan Etawa di Samigaluh Kulonprogo. Hal ini merupakan salah satu bentuk realisasi SDG 15 yaitu Ekosistem Darat.

Penyakit Mastitif adalah jenis penyakit yang menyerang kelenjar susu kambing, menyebabkan pembengkakan pada ambing susu. Akibatnya indukan kambing tidak bisa menyediakan susu bagi anak kambing. Sementara itu, keunggulan kambing peranakan etawa adalah kualitas susunya sehingga penyakit Mastitis ini dapat sangat mempengaruhi produksi susu yang berdampak pada konsumsi dan ketahanan pangan.

Apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat, penyakit ini dapat mempengaruhi pendapatan ekonomi peternak. Penyakit ini terkadang memaksa peternak untuk menjual ternaknya dengan harga murah dan harus membeli ternak baru sehingga peternak mengalami kerugian. Apabila sudah terjangkit, tentu saja akan meningkatkan biaya pemeliharaan kambing.

Untuk membantu petani mengatasi penyakit ini Fakultas Kedokteran Hewan UGM mengadakan penyuluhan tentang cara pengelolaan ternak kambing peranakan etawa yang benar diantaranya menjaga kebersihan kandang. Hal ini merupakan pendidikan untuk berkelanjutan karena dapat memitigasi hal-hal buruk di kemudian hari baik itu dari sisi produksi pangan maupun ekonomi. Kegiatan ini sesuai  SDG 4 yaitu pendidikan berkualitas dan SDG 2 yaitu tanpa kelaparan.

Apabila dilakukan dengan tepat dan rutin, bentuk pengabdian masyarakat dari PPDH FKH UGM dapat membantu mengentaskan kemiskinan dengan peternak yang berdaya dan menghasilkan susu kambing pernakan Etawa dengan kualitas terbaik dan dapat dijual dengan harga yang menguntungkan. Hal ini sesuai dengan SDG 1 yaitu tanpa kemiskinan.