Science Camp 2 & 3 “Improve the Potential in Yourself to Become the Best Character Person”

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Pada hari Sabtu dan Minggu, 11-12 Mei 2024 telah dilaksanakan Science Camp 2&3 yang diadakan dalam bentuk pembekalan materi, outbond, dan wokshop oleh Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia VSC FKH secara offline di Omah Noto Plankton. Science Camp 2&3 sendiri merupakan program kerja tahunan yang dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kapabilitas anggota VSC dalam berorganisasi. Pada kesempatan kali ini, Science Camp 2&3 membahas mengenai kontributif dan profesionalisme dengan pembicara Sigit Bayu Cahyanto selaku mahasiswa berprestasi diploma UGM 2023 dan drh. Heldiar Soedarmanto selaku lulusan terbaik PPDH UGM 2023 yang berlangsung pada pukul 14.15-16.00 WIB dan 16.00-17.30 WIB secara offline di Omah Noto Plankton.

Sesi pemaparan materi oleh pembicara 1, yakni Sigit Bayu Cahyanto secara garis besar meliputi manajemen krisis dalam berorganisasi, komunikasi efektif dalam berorganisasi, pengembangan karakter dan potensi diri mahasiswa dalam berorganisasi, serta pentingnya prinsip yang mendasar dalam organisasi tersebut. Materi tersebut bertujuan mendorong mahasiswa memiliki pendidikan yang bermutu mengenai manajemen yang baik untuk mengembangkan suatu organisasi yang didukung dengan pola komunikasi yang efektif sehingga nantinya karakter dan potensi yang ada dalam diri mahasiswa dapat terasah dengan lebih optimal.

Sesi pemaparan materi oleh pembicara 2, yakni drh. Heldiar Soedarmanto meliputi materi KPK (kompeten, profesional, kontributif), prospek kerja lulusan kedokteran hewan, serta tips dan trik setelah kelulusan mahasiswa kedokteran hewan. Pemaparan materi tersebut bertujuan membuka pemikiran mahasiswa akan kariernya nanti di masa mendatang serta bertujuan untuk memberikan arahan kepada mahasiswa agar dapat lebih cepat beradaptasi saat telah lulus sehingga mampu memiliki kesehatan secara baik secara mental maupun fisik serta memiliki kesejahteraan hidup yang tinggi.

Outbond diadakan dengan beberapa games seperti estafet karet gelang dalam tepung serta pipa bocor yang dapat meningkatkan bonding antar anggota VSC.

Kegiatan selanjutnya, yaitu workshop. Dalam Science Camp 2&3 kegiatan workshop diisi dengan kegiatan handling, restraint, dan sexing pada ikan. Handling dan restraint kali ini mempelajari cara memegang ikan dengan benar. Sedangkan Sexing adalah proses mengidentifikasi jenis kelamin ikan, jantan atau betina. Selain itu peserta science camp juga mempelajari cara penyuntikan dan pengambilan darah pada ikan. Workshop ini memberikan praktik langsung bagi mahasiswa untuk mengasah skill mereka untuk lebih terbiasa berada di sekitar hewan, serta dapat meningkatkan profesionalisme mahasiswa menjadi dokter hewan di masa depan.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Science Camp 2 & 3 ini, dapat meningkatkan ikatan kekeluargaan antar anggota VSC, kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi dapat meningkat sehingga mampu menjalankan organisasi dengan lebih optimal, serta karakter dan potensi pada diri mahasiswa dapat berkembang dengan baik.