KELOMPOK DISKUSI KLINIK 1 2024: Berkenalan dengan White Spot Ikan

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Kelompok Diskusi Klinik (KODIK) merupakan salah satu kegiatan dari Kelompok Studi Hewan Kesayangan (KSHK) yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam menangani berbagai kasus klinik, dan mendiskusikan ilmu dasar klinik secara kontinyu, dan menambah kemampuan client education pada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan hewan kesayangan.

Kegiatan Kelompok Diskusi Klinik (KODIK) 1 pada tahun 2024 ini dilaksanakan secara luring pada hari Sabtu, 25 Mei 2024 yang berlokasi di Ruang 301 FKH UGM. KODIK 1 ini mengangkat tema “Mengenali White Spot Ikan: Penyebab, Penanganan, dan Pencegahan dengan pembicara drh. Sugiyono, M.Sc. yang merupakan dosen dari departemen patologi FKH UGM.

Pelaksanaan KODIK 1 diawali dengan pemaparan materi oleh pembicara yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para peserta yang dimana penanya terbaik akan mendapatkan hadiah dari panitia. Selain itu, KODIK juga diisi dengan sesi hands on berkelompok yang akan diampingi oleh trainer yang sudah berpengalaman. Para trainer memberikan penjelasan terkait cara handling dan restrain pada ikan nila dan cara nekropsi ikan yang dapat dilakukan untuk mendeteksi penyakit yang terdapat pada ikan. Setelah kegiatan hands on para peserta akan melaksanakan kuis yang sudah disediakan terkait materi yang sudah dipaparkan sebelumnya dan bagi peserta dengan nilai terbaik akan mendapat hadiah.

Pelaksanaan Kelompok Diskusi Klinik (KODIK) 1 diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam pengenalan ilmu klinis, meningkatkan keterampilan dalam penanganan kasus klinis, dan menjawab pertanyaan yang tidak didapatkan dalam perkuliahan terutama terkait penyakit white spot yang dapat menyerang ikan. Selain bermanfaat dalam bidang akademis, kegiatan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kerja sama dan komunikasi kelompok yang sangat penting dimiliki oleh calon dokter hewan nantinya.

Penulis: Idzni Munifa Yofi