BONDING DAN UPGRADING KSHK 2024

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Bonding dan Upgrading Kelompok Studi Hewan Kesayangan (KSHK) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada 2024 merupakan kegiatan tahunan KSHK yang pada tahun ini diselenggarakan khususnya bagi Badan Pengurus Harian KSHK periode 2024. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Departemen Hubungan Internal KSHK untuk meningkatkan keakraban dan kekompakan anggota, untuk menciptakan terwujudnya suatu organisasi yang bermanfaat baik di lingkup perkuliahan maupun masyarakat, serta untuk meningkatkan pengetahuan dan soft skill terkait KSHK maupun kedokteran hewan bidang hewan kesayangan. Selain itu, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya memperdalam pengetahuan dan praktik mengenai keprofesian kedokteran hewan, serta perawatan khususnya bidang hewan kesayangan mulai dari handling, restrain, pemeriksaan fisik, bagaimana mendiagnosis sebuah kasus penyakit, hingga macam-macam peralatan yang dibutuhkan untuk magang di dalam klinik.

Kegiatan Bonding dan Upgrading KSHK FKH UGM 2024 dilaksanakan selama 1 hari dan terbagi menjadi 2 kegiatan. Pada tahun ini Bonding dapat dilaksanakan secara luring pada hari Sabtu, 4 Mei 2024 dengan lokasi kegiatan di Joglo Joho. Kegiatan Bonding ini memiliki tema “Bonding Together, Creating The Moments” dengan rangkaian acara berupa games, sharing alumni dan BPH inti mengenai time management, keluh kesah perkuliahan maupun organisasi, serta kesan-pesan selama berkegiatan di KSHK. Kegiatan Bonding dilakukan sebagai upaya dalam mengurangi kesenjangan antaranggota KSHK dengan memperbanyak interaksi melalui games yang telah dipersiapkan oleh panitia dan meningkatkan komunikasi baik antaranggota KSHK maupun antaranggota dengan alumni. Dengan adanya Bonding ini diharapkan kedepannya internal KSHK dapat lebih saling mengenal satu sama lain, memperkuat ikatan personal antaranggota, serta meningkatkan kerjasama, komunikasi, dan kepercaayaan dalam kelompok.

Sementara itu, kegiatan Upgrading dilaksanakan secara daring pada hari Sabtu, 4 Mei 2024 melalui platform Zoom Meeting. Rangkaian acara Upgrading dibuka dengan pembukaan dan sambutan-sambutan, sesi materi bersama Dr. dr. Alsi Dara Paryuni sebagai pembicara yang menyampaikan materi terkait “Skill Dasar Magang di Klinik Hewan”, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bersama pembicara, kuis melalui Kahoot yang diikuti seluruh peserta, dokumentasi, dan penutupan. Dengan dilaksanakannya kegiatan Upgrading ini diharapkan anggota KSHK dapat semakin memahami terkait keprofesian kedokteran hewan, penanganan hewan yang tepat, kesejahteraan hewan, persiapan magang, dan skill dasar magang khususnya di klinik.

Penulis: Nabila Qurrota Ayun