Tingkatkan Pelayanan Akademik International: FKH UGM Mengadakan Rapat Evaluasi Kerja Prodi

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

20 April 2024, FKH UGM mengadakan Workshop Evaluasi Kinerja Prodi S1 dan Profesi Kedokteran Hewan dalam rangka meningkatkan pelayanan mutu akademik international bertempat di Hotel Santika, Gunungkidul. Agenda Workshop ini berlangsung 2 hari dari tanggal 19-20 April 2024 yang dihadiri oleh pimpinan FKH UGM, Kaprodi S1 dan Profesi FKH UGM serta para ketua Departemen di Lingkungan FKH UGM.

Evaluasi kinerja pendidikan S1 (Sarjana Strata 1) adalah proses untuk menilai efektivitas program pendidikan tingkat sarjana dalam mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang ditetapkan. Evaluasi ini dapat dilakukan dari berbagai sudut pandang, termasuk dari perspektif institusi pendidikan, dosen, mahasiswa, dan pemangku kepentingan lainnya. Berikut adalah beberapa metode yang umum digunakan dalam evaluasi kinerja pendidikan S1:

  1. Evaluasi oleh Mahasiswa: Pengumpulan umpan balik dari mahasiswa mengenai pengalaman belajar mereka di program S1 sangat penting. Ini dapat dilakukan melalui survei kepuasan mahasiswa, wawancara kelompok fokus, atau diskusi individu. Evaluasi oleh mahasiswa dapat memberikan wawasan tentang kualitas pengajaran, materi pembelajaran, fasilitas, dan dukungan akademik yang diberikan.
  2. Evaluasi oleh Dosen: Dosen yang mengajar dalam program S1 juga dapat memberikan masukan berharga mengenai efektivitas program. Evaluasi ini dapat mencakup analisis hasil belajar mahasiswa, penilaian atas materi pembelajaran, serta identifikasi kebutuhan pengembangan profesional dosen.
  3. Evaluasi Hasil Belajar Mahasiswa: Analisis hasil belajar mahasiswa seperti ujian, tugas, dan proyek dapat memberikan gambaran tentang sejauh mana mahasiswa mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Evaluasi ini dapat dilakukan secara kuantitatif maupun kualitatif.
  4. Evaluasi Tingkat Ketenagakerjaan: Tingkat keberhasilan mahasiswa dalam memasuki pasar kerja atau melanjutkan pendidikan lanjutan dapat menjadi indikator penting dari kualitas pendidikan S1. Ini dapat meliputi tingkat penempatan kerja, tingkat gaji lulusan, atau tingkat kelanjutan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  5. Evaluasi Program Akreditasi: Evaluasi kinerja pendidikan S1 juga sering kali melibatkan proses akreditasi oleh badan akreditasi pendidikan yang relevan. Proses ini mengevaluasi kualitas program S1 berdasarkan standar yang ditetapkan, seperti kualitas pengajaran, fasilitas, kurikulum, dan dukungan mahasiswa.
  6. Evaluasi Kurikulum: Analisis terhadap kurikulum program S1, termasuk relevansi dengan kebutuhan pasar kerja atau perkembangan terkini dalam bidang studi tertentu, juga dapat menjadi bagian dari evaluasi kinerja pendidikan S1.
  7. Evaluasi Dana dan Sumber Daya: Evaluasi penggunaan dana dan sumber daya dalam mendukung program S1 juga penting untuk memastikan efisiensi dan efektivitas pengelolaan institusi pendidikan.

Evaluasi kinerja pendidikan S1 yang holistik dan berkelanjutan dapat membantu institusi pendidikan untuk terus meningkatkan kualitas program mereka dan memastikan bahwa mahasiswa memperoleh pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan mereka.

 

Penulis: IR