Pembekalan Pengurus PMK FKH UGM 2024

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Untuk mengawali kepengurusan Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK) 2024 dan menyatukan visi misi dalam berpelayanan, pada tanggal 4 April 2024, Badan Pengurus Harian dan Dewan Penasihat PMK FKH UGM mengadakan pembekalan pengurus bertema “#1 dates: seeds” dengan ayat dari Mazmur 119: 71, 73 yang berbunyi “Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu. Tangan-Mu telah menjadikan aku dan membentuk aku, berilah aku pengertian, supaya aku dapat belajar perintah-perintah-Mu.”  Tema ini diangkat agar pengurus tetap beriman dan memandang Tuhan Yesus sebagai pokok utama ditengah tanggung jawab sebagai pengurus PMK. Pengurus-pengurus PMK diharapkan dapat menjalin hubungan yang intim dengan Tuhan sehingga nantinya juga akan berdampak untuk pelayanan kepada sesama.

Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dan bertempat di ruang Seminar II FKH UGM pada pukul 08.00-15.00 dan dihadiri oleh 45 orang pengurus dan 5 orang Dewan Penasihat. Para peserta mengikuti acara pembekalan dengan semangat dan sukacita. Pada acara pembekalan ini terdapat sesi pujian dan renungan, sesi games, pembasuhan komisi, sesi sharing, dan evaluasi kelebihan kekurangan diri secara bersama-sama.

Pada sesi pertama yaitu pujian dan renungan, pengurus dibekali terlebih dahulu dengan Firman Tuhan yang terdapat dalam Mazmur 119 dengan judul perikop “Bahagianya Orang yang Hidup menurut Taurat Tuhan” Dari perenungan ini, para pengurus baru PMK FKH 2023 diharapkan dapat memaknai Tuhan Yesus sebagai pokok yang dapat memberi pertumbuhan bagi pelayanan di PMK, sehingga pengurus dapat lebih lagi mendekat kepada Tuhan agar dapat berbuah manis di pelayanan ini.

Setelah sesi 1, kegiatan selanjutnya adalah games cek chemistry antar komisi serta dilanjutkan dengan makan siang dan sharing sehingga menghidupkan kembali semangat para peserta untuk menjalani acara selanjutnya. Setelah itu, sesi kedua dimulai dengan sesi pembasuhan bagi BPH dan koordinator komisi, pembasuhan ini dilakukan sebagai tanda dimulainya pelayanan seperti yang dicontohkan Tuhan Yesus kepada para murid. Tuhan Yesus sudah lebih dahulu melayani kita, sehingga kitalah yang harus melanjutkan pelayanan tersebut kepada orang lain. Setelah sesi pembasuhan dilanjutkan oleh pengisian evaluasi diri berupa kelebihan dan kekurangan dari setiap pengurus yang ditulis menggunakan kertas dan diedarkan dalam satu lingkaran besar. Keseluruhan acara dapat berlangsung dengan baik dan lancar sebagai hasil kerjasama panitia dan semua pihak yang terlibat.

Dari acara ini, seluruh nilai-nilai yang telah disampaikan pada setiap sesi mampu diserap dengan baik, berdampak positif, dan mengena pada hati setiap pengurus. Semoga kegiatan pembekalan pengurus ini dapat mempersiapkan seluruh pengurus PMK yang baru untuk melayani di PMK dan membawa dampak yang baik bagi diri sendiri dan sesama.

SDGs 4 Pendidikan Berkualitas, SDGs 16 Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh, Veterinary Medicine