FKH UGM Mengadakan Rapat Kerja Senat Awal Tahun 2024 untuk menyongsong Kurikulum International

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

24 Januari 2024, bertempat di Gunungkidul, Para senator, Guru besar dan Pimpinan FKH UGM mengadakan rapat kerja Bersama di awal tahun dalam rangka menyongsong penguatan kurikulum international yang selama ini sudah dijalankan FKH UGM semenjak 2019.

Penguatan kurikulum internasional adalah upaya untuk meningkatkan standar pendidikan agar sejalan dengan standar internasional yang diakui secara luas. Hal ini bisa mencakup beberapa langkah, seperti menyesuaikan materi pembelajaran, metode pengajaran, dan evaluasi sesuai dengan standar yang diakui secara internasional.

Beberapa langkah yang mungkin dilakukan dalam penguatan kurikulum internasional meliputi:

  1. Standar Internasional: Memastikan bahwa kurikulum mencakup standar internasional untuk setiap mata pelajaran yang diajarkan. Ini bisa berarti mengacu pada kerangka kerja seperti International Baccalaureate (IB), Cambridge International Examinations (CIE), atau standar dari organisasi pendidikan internasional lainnya.
  2. Konten Multikultural: Memasukkan materi pembelajaran yang mencerminkan keragaman budaya dan perspektif global. Ini membantu siswa memahami dunia secara lebih luas dan mempersiapkan mereka untuk berinteraksi dalam masyarakat yang semakin global.
  3. Pendidikan Karakter Global: Memasukkan pendidikan karakter global ke dalam kurikulum untuk mengembangkan keterampilan sosial, emosional, dan etika yang dibutuhkan untuk hidup dan bekerja di dunia yang semakin terhubung secara global.
  4. Pengembangan Keterampilan 21st Century: Fokus pada pengembangan keterampilan seperti kritis berpikir, komunikasi efektif, kolaborasi, dan kreativitas yang menjadi penting dalam ekonomi global dan masyarakat modern.
  5. Penggunaan Teknologi: Mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan aksesibilitas, interaktivitas, dan efektivitas pembelajaran.
  6. Pelatihan Dosen dan pegawai: Memberikan pelatihan dan dukungan yang cukup kepada dosen dan pegawai agar mereka dapat mengajar atau memberikan fasilitas pelayanan yang efektif sesuai dengan kurikulum internasional yang diterapkan.
  7. Evaluasi dan Penilaian: Menggunakan metode evaluasi yang sesuai dengan standar internasional untuk mengukur pemahaman dan kemampuan siswa secara komprehensif.

Penguatan kurikulum internasional tidak hanya membantu siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang relevan dalam konteks global, tetapi juga membuka peluang bagi mereka untuk belajar dan berkembang dalam lingkungan yang beragam dan inklusif.

Komitmen FKH UGM pada tahun 2024 ini adalah dengan menambah fasilitas pembelajaran berupa penguatan Teaching Farm dan membuat Integrated Research Fasility berbasis International.

 

Penulis: IR