Prof. drh. Teguh Budipitojo., M.P., PhD dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Anatomi

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Yogyakarta – Dekan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Gadjah Mada Prof. drh. Teguh Budipitojo., M.P., PhD dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Anatomi, di Balai Senat, Gedung Pusat UGM, Selasa (4/7/2023). Ia menyampaikan pidato yang berjudul Peran Ilmu Anatomi Hewan dalam Mengungkap Variasi Distribusi Signaling Molekul pada Hewan dan Mendasari Pengembangan Terapi Penyakit Degeneratif.

Dalam pidatonya, Prof. Teguh menjelaskan peran penting signaling molekul untuk mengkoordinasikan aktivitas sel, dan mempertahankan homeostasis dalam tubuh organisme.

“Fungsinya untuk melakukan regulasi pertumbuhan dan diferensiasi sel. Contohnya peningkatan denyut jantung, peningkatan tekanan darah, mengatur keseimbangan elektrolit dan cairan, pengaturan reproduksi, mengatur ritme tidur dan sebagainya,” kata dia.

Dalam hal fungsi pengaturan metabolisme, beberapa signaling molekul berperan dalam pengaturan metabolisme glukosa dan lemak dalam tubuh. Sistem kekebalan tubuh juga bergantung pada signaling molekul.

“Proses signaling molekul sangat penting untuk menjaga kesehatan dan fungsi tubuh yang normal,” ungkapnya.

Menurut Prof. Teguh, cara kerja signaling molekul terbagi dalam tiga tahap utama. Yakni pengiriman sinyal signaling molekul dihasilkan oleh sel sumber dan dilepas ke lingkungan sekitarnya.

“Bidang ilmu yang saya tekuni adalah anatomi, yang membantu memahami cara kerja organ dan sistem organ dalam tubuh yang memberikan dasar untuk studi lain seperti fisiologi, patologi, farmakologi dan sebagainya. Ilmu anatomi hewan juga berperan penting dalam pengembangan obat-obatan untuk penyakit degeneratif, juga mempercepat pemahaman teoretis terhadap proses terjadinya penyakit sebagai dasar penemuan substansi biologis yang dapat menyembuhkan penyakit degeneratif tersebut,” urainya.

Dalam penelitiannya, Teguh juga mengidentifikasi berbagai jenis signaling molekul level seluler pada berbagai spesies hewan. Hasil penelitiannya merupakan upaya pendokumentasian struktur anatomi dan distribusi berbagai jenis signaling molekul bermacam spesies, termasuk di dalamnya pendokumentasian berbagai kekayaan hayati dan keunikan beberapa spesies hewan endemik Indonesia.

Mulai dari Sapi Friesian Holstein (Bos taurus), yakni meneliti signaling molekul yang berperan dalam proses pencernaan, stimulasi hormon pankreas dan kontraksi otot polos. Penelitian ini juga membuktikan bahwa signaling molekul berperan dalam proses reproduksi.

Kemudian Musang (Paradoxorus hermaphroditus). Penelitian ini menemukan keberadaan signaling molekul berupa glucagon, chromogranin, gastrin dan serotonin dalam sel-sel penyusun pankreas dan duodenum musang.

Ada juga Landak Jawa (Hystrix javanica) sebagai spesies yang terancam punah. Penguasaan terhadap struktur gastrointestinal dan signaling molekulnya akan menopang keberhasilan upaya penangkaran untuk meningkatkan populasi Landak Jawa.

“Berdasarkan berbagai data penelitian di mana saya terlibat di dalamnya dapat disimpulkan bahwa keberadaan, distribusi dan ekspresi berbagai signaling molekul dalam berbagai spesies hewan sangatlah bervariasi,” ujarnya.

Rektor UGM, Prof. Ova Emilia menyebut, Prof. Teguh Budipitojo merupakan salah satu dari 397 Guru Besar aktif di Universitas Gadjah Mada.

“Dan di tingkat fakultas, merupakan salah satu dari 14 Guru Besar aktif yang dimiliki oleh Fakultas Kedokteran Hewan, sekaligus Guru Besar pertama di bidang Anatomi Hewan,” pungkasnya.

Selesai acara pengukuhan, dilanjutkan dengan acara syukuran yang diadakan di Auditorium FKH UGM Lantai 3.