KSHK: Delegasi 2022

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Delegasi merupakan salah satu program kerja dari depatemen aksi masyarakat Kelompok Studi Hewan Kesayangan (KSHK) Fakultas Kedokteran Hewan UGM, dengan tujuan mahasiswa yang diutus sebagai delegasi dapat belajar lebih mengenai hewan dari para ahli dan pecinta hewan, tidak hanya dari lingkungan kampus saja. Webinar “Pet Education Series 2”,  “Webinar Special Vet Class Optalmologi dan Dentistri”, “Webinar Studi Satwa Eksotik Akuatik” merupakan rangkaian acara Webinar VET ON AIR. Webinar “Veterinary Opthalmology Vetseminar Series” merupakan acara DR.B THE VET SHOW bersama PHI Jawa Barat II, menjadi pilihan pendelegasian mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM terutama anggota Kelompok Studi Hewan Kesayangan (KSHK).

Webinar Pet Education Series 2 VET ON AIR pada tanggal 15 – 23 Juli 2022 yang membawa tema “Maternal, Pediatri, dan Geriatri” diadakan secara daring melalui aplikasi zoom yang dihadiri oleh Annisa Ritzee Crysantia, Faisa Alroy Ansori, Kartika Putri Patricia Wibowo, dan Rizka Oktafina Labibah. Pada Webinar ini, VET ON AIR mengadirkan pembicara dokter hewan praktisi hewan kecil dari Ciyo Pet Care, yaitu drh. Suthira Astasari dan dokter hewan praktisi hewan kecil dari Klinik Mulyovet Cibubur, yaitu drh. Indah Setyopratiwi. Terdapat 5 series pada Webinar ini, yaitu “Manajemen Perawatan Bunting, Melahirkan, dan Newborn pada Anjing Kucing”, “Pendekatan Klinis dan Penanganan Penyakit Hewan Bunting dan Menyusui pada Anjing Kucing”, “Pendekatan Klinis dan Penanganan Penyakit Neonatus dan Anakan Anjing Kucing”, “Manajemen Perawatan Anjing Kucing Usia Tua”, dan “Pendekatan Klinis dan Penanganan Penyakit Usia Tua pada Anjing Kucing”.

Webinar Veterinary Opthalmology Vetseminar Series DR.B THE VET SHOW bersama PDHI Jawa Barat II pada tanggal 23 September – 27 November 2022 yang mengambil tema “Opthalmology” diadakan secara daring melalui aplikasi zoom yang dihadiri oleh Atsiilah Salmaa Nazhiifah, Faisa Alroy Ansori, Esther Margaret Taniaga, Violina Septiani Setyoputri, dan Rizka Oktafina Labibah. Pada Webinar DR.B THE VET SHOW menghadirkan pembicara drh. Viska Marchelen Widyaastuti, Elizabeth A. Adkins, DVN, MS, DACVO, Amber Labelle, DVM, MS, DACVO, Michelle G. Martin de Bustamante, VMD, MS, Bret A. Moore, DVM, Ph.D, DACVO, dan Je-Hwan Jang, DVM. Terdapat 8 series pada Webinar ini, yaitu “Review Anatomi Mata”, “Tear Film and Kerato Conjunctivitis Sicca”, “Cornea: Let’s Talk About Cornea”, “Uvea and Uveitis”, “Lensa: Pemahaman Mengenai Katarak”, “All About Retina”, “The Long Lost Gem of Avian Ophthalmology”, dan “Basic Ophthalmic Microsurgery”.

Gambar 1. Dokumentasi Series 1 Webinar Veterinary Opthalmology Vetseminar Series DR.B THE VET SHOW

 

Webinar Special Vet Class VET ON AIR pada tanggal 5 November – 10 Desember 2022 yang membawa tema “Optalmologi dan Dentistri” diadakan secara daring melalui aplikasi zoom yang dihadiri oleh Alma Taftya Rachma Suhendro, Kartika Putri Patricia Wibowo, Callista Diva Maharani, Fadilla Nur Aini, Paxia Inayah Maryam, Elysha Angelina S, Regita Fauziyyah Luxcyanti, Rizka Oktafina Labibah, Arub Muna Nabila, dan Faisa Alroy Ansori. Pada Webinar ini VET ON AIR mengadirkan pembicara dokter hewan praktisi RSHP Univeritas Airlangga dan Carovet Surabaya, yaitu drh. Lina Susanti, MS., Ph.D dan dokter hewan praktisi dan owner dari Djio Pet Care Yogyakarta, yaitu drh. Bagus Brahmanto Aji M.Sc. Terdapat 4 series pada Webinar ini, yaitu “Anatomi, Fisiologi, dan Pemeriksaan mata terarah”, “Bedah kasus mata beserta penanganannya”, “Anatomi, Fisiologi, dan Pemeriksaan terarah pada gigi dan mulut”, dan “Bedah kasus gigi dan mulut beserta penanganannya”.

Gambar 2. Dokumentasi Opthalmology Class Webinar Special Vet Class VET ON AIR

Webinar Studi Satwa Eksotik VET ON AIR pada tanggal 9 – 23 November 2022 yang membawa tema “Maternal, Pediatri, dan Geriatri” diadakan secara daring melalui aplikasi zoom yang dihadiri oleh Berliana Dwi Utami dan Utin Alya Syafi’ina. Pada Webinar ini VET ON AIR mengadirkan pembicara dokter hewan praktisi ikan, yaitu drh. Handi Putra Usma. Terdapat 3 series pada Webinar ini, yaitu “Mengenal Jenis dan Manajemen Perawatan Satwa Akuatik”, “Kasus-kasus yang Sering Dijumpai pada Satwa Akuatik Air Tawar dan Penanganannya”, dan “Teknik Anestesi, Surgery, dan Manajemen Recovery Satwa Akuatik Air Tawar”.

Dengan adanya program kerja ini diharapkan mahasiswa yang diutus dapat mengambil dan menerapkan bahkan membagi ilmu dan informasi yang didapat kepada berbagai komponen masyarakat. Delegasi juga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mendapatkan relasi baru beserta ilmu baru dari luar kampus.

 

Faisa Alroy Ansori (081259075770)