FKH UGM turut mendukung upaya penanggulangan PMK dengan menggelar Webinar Nasional “Pengembangan Vaksin untuk Pengendalian dan Kontrol PMK di Indonesia”

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) kembali terdeteksi di Indonesia pada Mei 2022. Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UGM turut mendukung upaya pemerintah dan pihak-pihak terkait dalam mengatasi dan menanggulangi kejadian luar biasa ini, salah satunya dengan mengadakan webinar bersama pakar yang berjudul Pengembangan Vaksin untuk Pengendalian dan Kontrol PMK di Indonesia.

Gamba 1. Strategi Vaksinasi PMK pada Ternak di Indonesia

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom pada hari Sabtu, 11 Juni 2022 pukul 09.00-12.00 WIB, menghadirkan tiga pembicara ahli yakni drh. Hendra Wibawa, M.Si., PhD selaku Kepala BBVet Wates, drh. Edy Budi Susila, M.Si selaku Kepala PUSVETMA, dan Prof. drh. Widya Asmara, SU, Ph.D. yang merupakan Guru Besar dari Fakultas Kedokteran Hewan UGM, dan dipimpin oleh moderator Prof. Dr. drh. A.E.T.H. Wahyuni, M.Si selaku Ketua Departemen Mikrobiologi FKH UGM.

Webinar ini membahas secara khusus epidemiologi molekuler dari virus PMK ini, peran Pusvetma secara khusus sebagai Laboratorium Referensi PMK di Indonesia, serta strategi program vaksinasi PMK pada ternak di Indonesia. Antusias dari para peserta yang berasal dari berbagai kalangan dokter hewan dan mahasiswa kedokteran hewan terasa nyata dari berbagai pertanyaan yang disampaikan selama sesi diskusi, serta dari kehadiran peserta yang konsisten hingga akhir acara. Harapannya, webinar ini dapat memberikan informasi lebih lanjut terkait vaksin PMK pada ternak di Indonesia, sehingga pengendalian dan kontrol PMK dapat semakin efektif.

Webinar ini juga disiarkan secara live streaming melalui Youtube dan dapat ditonton ulang melalui link:

https://www.youtube.com/watch?v=wJjCQjjmDI0

/ J.O & A.F