Partisipasi Fakultas Kedokteran Hewan dalam Forum Dekan UGM “Our Planet, Our Health”

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

  Pada hari Kamis, 14 April 2022, Fakultas Kedokteran – Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM menyelenggarakan sebuah forum ilmiah dalam judul Dean’s Forum: “Our Planet, Our Health” dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia serta Hari Bumi pada tahun 2022.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia yaitu Prof. Dr. Satryo Soemantri Brodjonegoro, beliau menjelaskan mengenai Science20 yang merupakan bagian dari engagement group dari G20. Beliau menyampaikan bahwa tema S20 kali ini sama dengan tema G20, yaitu Recover Together, Recover Stronger, dengan 5 isu prioritas:

 

      1. Building Resilient Health System
  1. Advancing a sustainable low carbon health system
  2. Bolstering multi-, inter-, and trans disciplinary science and technology for climate change and pandemic preparedness
  3. Guarantee that people are at the center
  4. Strengthening the nexus between data-research-policy-practce for climate change and pandemic preparedness

 

Agenda utama dari G20 mengenai arsitektur kesehatan global, kemudian transformasi ekonom digital dan transisi energi terbarukan. Beliau menyampaikan bahwa hal ini akan dapat tercapai dengan adanya kolaborasi antar bidang, tidak hanya bidang kesehatan saja, sehingga forum seperti ini diharapkan dapat membantu dalam penyusunan kebijakan dan pembuatan rencana kerja.

Selanjutnya adalah Keynote Speech oleh dr. Anas Ma’ruf, MKM selaku Ditektur Penyehatan Lingkungan, Ditjen P2P Kementerian Kesehatan RI mengenai perubahan iklim, dampak kesehatan dan upaya-upaya penanggulangan.

Dilanjutkan oleh Prof Ir Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU ASEAN Eng selaku rektor UGM. Beliaum mengharapkan bahwa diskusi ini dapat menghasilkan kesimpulan untuk dapat disampaikan dan diangkat menjadi pengambilan kebijakan yang lebih komprehensif.

Talkshow dikemas dalam topik “Inovasi dalam Menanggulangi Isu Perubahan Iklim”. Forum dibagi menjadi 2 sesi, dan dihadiri oleh Dekan dari Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kehutanan, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Geografi, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta dari Sekolah Vokasi dan perwakilan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Prof. drh. Teguh Budipitojo, M.P., Ph.D. selaku dekan fakultas kedokteran hewan, membawakan materi mengenai One Health dan kenapa kita perlu menggunakan pendekatan One Health untuk menyelesaikan isu-isu yang disampaikan terkait lingkungan. One Health adalah korelasi antara kesehatan manusia, kesehatan hewan dan juga lingkungannya.

Beliau juga menyampaikan mengenai zoonosis, dimana zoonosis merupakan penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia dan sebaliknya. Fakta menyebutkan bahwa 60 % penyakit infeksius pada manusia adalah berasal dari manusia dan 3 dari 5 penyakit baru merupakan penyakit yang tergolong dalam zoonosis. Hal tersebut menunjukkan bahwa hubungan antara berbagai sektor sangat penting, dan saling ketergantungan.

Prof. Teguh menyampaikan bahwa untuk dapat mencapai tujuan bersama, untuk menanggulangi masalah dan isu yang ada pentingnya kolaborasi berbagai sektor, koordinasi serta kesadaran bahwa satu sektor bergantung pada sektor lainnya sangat dibutuhkan.

Forum ditutup dengan wrap-up dan rekomendasi dari Dean’s Forum oleh Dekan FISIPOL UGM Dr. Wawan Mas’udi, SI.P., MPA

/ AF