FKH UGM Melantik 181 Dokter Hewan Baru

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Pada hari Selasa, 25 Januari 2022, Fakultas Kedokteran Hewan UGM menyelenggarakan Pelantikan Dokter Hewan periode Desember 2021. Acara dimulai pukul 09.00 yang diselenggarakan secara luring di Grha Sabha Pramana lantai 1, sekaligus secara daring melalui Zoom dan Youtube. Acara dibuka secara resmi oleh Prof. Drh. Teguh Budipitojo, M.P., Ph.D. selaku Dekan Fakultas Kedokteran Hewan. Pelantikan dihadiri oleh seluruh dokter hewan baru, Dekan dan jajarannya, dosen, tenaga pendidik FKH UGM, rohaniawan, ketua PB PDHI, dan tamu undangan.

Pengambilan sumpah dokter hewan dipimpin oleh Dekan FKH UGM dan diiringi oleh para rohaniawan. Acara selanjutnya adalah penanda tanganan sumpah dokter hewan oleh wakil dokter hewan baru, Dekan, dan Ketua PDHI. Dokter hewan baru menjadi anggota Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia secara simbolis dengan pemasangan pin PDHI oleh Ketua PB PDHI ke wakil dokter hewan. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, drh. Agung Budiyanto, M.P., Ph.D. menyampaikan putusan kelulusan 181 dokter hewan baru. Lulusan dokter hewan terbaik 2021 diraih oleh drh. Diana Safitri yang berasal dari Bontang. Sebagai bentuk rasa syukur, terima kasih dan kerja sama, dokter hewan baru periode Desember 2021 memberikan kenang-kenangan kepada FKH UGM.

Sambutan-sambutan dalam acara pelantikan disampaikan oleh perwakilan dokter hewan baru, perwakilan orang tua dokter hewan baru, ketua alumni dokter hewan (Gamavet), Dekan FKH UGM, dan ketua PB PDHI. drh. Hadimas Bakti mewakili para dokter hewan baru menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak FKH UGM, keluarga dan stakeholder. Beliau juga menuturkan, “Apapun jalan yang dipilih oleh teman-teman, satu semboyan kita yaitu Manusya Mriga Satwa Sewakaā€¯.

Sambutan dari PDHI disampaikan langsung oleh ketua PB PDHI (Dr. drh. Munawaroh, M.M.), PDHI memberikan selamat, mengingatkan tentang aturan dan kode etik dokter hewan, serta mendukung penuh seluruh lulusan. Ketua PB PDHI memberi kesempatan kepada dokter hewan baru, apabila dalam 6 bulan dari pelantikan belum memiliki pekerjaan, bisa menghubungi PDHI untuk dapat diberikan tawaran pekerjaan posisi dokter hewan. Sambutan terakhir disampaikan oleh Dekan FKH UGM, beliau menyampaikan lulusan dokter hewan termuda periode ini umur 22 tahun dengan rata-rata umur lulusan yaitu 23 tahun, dan ulusan tercepat dicapai selama 16 bulan. Sebanyak 65% dari total lulusan dokter hewan baru sudah memiliki pekerjaan, sisanya ada yang melanjutkan studi dan proses mendapatkan pekerjaan. Acara pelantikan dokter hewan ditutup dengan doa dan hiburan oleh perwakilan wisudawan dan Voca Veteriner.