PPSMB VETEBRAE 2021

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) VETEBRAE 2021 adalah kegiatan yang diadakan dalam rangka menyambut mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Tahun ini PPSMB VETEBRAE diadakan secara full daring.  Hal ini merupakan pilihan terbaik dikarenakan kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

PPSMB FKH 2021 dirancang agar mahasiswa baru mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dasar yang dibutuhkan dalam sistem pembelajaran di perguruan tinggi. Mengangkat tema tahunan “VETEBRAE” atau Veterinarian Based on Research and Action dengan subtema “Veterinarian, Building The Future!” diharapkan gamada memiliki kompetensi intrapersonal, karakter dan jiwa kepemimpinan, serta etika moral.

PPSMB VETEBRAE dilaksanakan pada 4 dan 5 Agustus 2021. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Kedokteran Hewan, GAMAVET, Ketua BEM FKH UGM, serta dosen dan mahasiswa FKH UGM. Pembukaan disiarkan langsung melalui Youtube PPSMB VETEBRAE pukul 08.00 WIB.  Setelah pembukaan, mahasiswa baru mulai mengikuti rangkaian kegiatan PPSMB VETEBRAE baik secara sinkronus dengan layanan konferensi video, maupun asinkronus melalui eLOK UGM.

Pada hari pertama, untuk memperkenalkan lebih dalam tentang FKH UGM kepada mahasiswa baru, dilaksanakan pemaparan materi pengenalan kampus oleh dosen-dosen FKH UGM. Materi pertama, yaitu “Mengenal Kampus Ungu Lebih Dekat” yang menjelaskan tentang profil FKH UGM, struktur kepengurusan, aktivitas pembelajaran, dan sarana prasarana kampus. Dilanjutkan dengan materi kedua yaitu “Mengenal Sistem Akademik Kampus Ungu” yang menjelaskan tentang struktur kurikulum, sistem penilaian, pengenalan 12 departemen, dan kegiatan mahasiswa. Selain itu, di hari pertama juga dilaksanakan simulasi SGD. Kegiatan ini dilakukan masing-masing kelompok gugus dengan bantuan pemandu. Topik pembahasan pada simulasi SGD adalah “Badak Putih Utara”. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengasah kemampuan berpikir dan berdiskusi mahasiswa baru, sehingga diharapkan kelak dapat menjadi dokter hewan yang kompeten dan mampu berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah.

Hari kedua PPSMB VETEBRAE diawali dengan Project Besar Angkatan yang diikuti oleh 200 mahasiswa baru dengan penuh semangat. Dalam project ini, Gamada Veteriner berhasil membuat video singkat berisikan subtema yang kemudian digabungkan menjadi satu.

Selain itu, terdapat dua sesi Talkshow: Let’s Talk About Our Future. Pada talkshow pertama, topik yang dibahas adalah “Success Story”. Sesi ini diisi oleh Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M.M.A. selaku Gubernur Bengkulu periode 2021-2024, drh. Syamsul Ma’arif, M.Si. selaku Direktur Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner, drh. Mochamad Zunaidy selaku Vice President, Head of Marketing PT. Ciomas Adi Satwa dan Prof. drh. Wiku Bakti Bawono Adisasmito, M.Sc., Ph.D. selaku Guru Besar UI sekaligus Juru Bicara penanganan COVID-19 di Indonesia dengan moderator Dr. drh. Vista Budiariati, M.Si. Talkshow singkat tersebut berhasil memotivasi dan menambah pengetahuan Gamada Veteriner mengenai pentingnya profesi dokter hewan serta luasnya ranah pekerjaan yang tersedia.

Pada talkshow kedua, topik yang dibahas adalah “Sharing Experience”. Sesi ini diisi oleh Dosen Fakultas Kedokteran Hewan UGM yaitu drh. Dito Anggoro, M.Sc., drh. Dorothea Vera Megarani, M.P.H., dan drh. Erif Maha Nugraha Setyawan, M.Sc., Ph.D. dengan moderator drh. Topas Wicaksono Priyo Jr, M.Sc. Walaupun hanya dilaksanakan selama 75 menit, namun mahasiswa baru sangat antusias mengikutinya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang masuk mengenai beasiswa, pengalaman, hingga tips belajar agar menjadi dokter hewan yang berkualitas. Selain Talkshow: Let’s Talk About Our Future, mahasiswa baru juga mendapat materi mengenai 33 ranah dokter hewan, All About One Health, Bangga Menjadi Mahasiswa Kampus Ungu dan Part of Us.

Rangkaian PPSMB VETEBRAE 2021 ditutup oleh Prof. Dr. drh. Siti Isrina Oktavia Salasia selaku Dekan Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Dalam sambutannya beliau berpesan bahwa mahasiswa baru harus semangat dalam setiap proses yang dilalui agar menjadi dokter hewan tangguh, berkarakter mulia dan mampu beradaptasi dengan setiap perubahan. Orasi Ketua Keluarga Mahasiswa FKH UGM juga senantiasa membangkitkan semangat mahasiswa baru untuk berjuang bersama menjadi dokter hewan yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa. Penutupan diakhiri dengan pemutaran Video Project Besar Angkatan dan selebrasi Anthem Calon Dokter Hewan oleh panitia. Dengan berakhirnya PPSMB VETEBRAE 2021 diharapkan mahasiswa baru mengenal lebih dekat Fakultas Kedokteran Hewan UGM dan siap untuk berdinamika bersama di kampus ungu tercinta. Viva Veteriner!