44 Tahun Pengabdian Prof. Asih untuk Diagnosis Penyakit Ikan

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Prof. drh. Kurniasih, M.VSc., Ph.D, atau biasa dipanggil dengan sebutan Prof. Asih adalah seorang guru besar sekaligus ahli patologi yang memilki ketertarikan besar pada dunia akuatik. Pada hari Minggu, 11 April 2021, Prof. Kurniasih telah melaksanakan pidato dalam rangka purna tugas setelah 44 tahun mendedikasikan dirinya dalam dunia patologi kedokteran hewan terutama untuk diagnosa penyakit ikan. Kegiatan ini dihadiri oleh 500 peserta secara daring melalui aplikasi Zoom, dan 1200 penonton pada Youtube karena kegiatan ini disiarkan secara langsung melalui kanal youtube milik FKH UGM. Jumlah peserta tergolong banyak, mengingat memang Prof. Kurniasih merupakan salah satu ahli patologi di Indonesia yang kiprahnya sudah dikenal banyak orang.

Pidato Purna Tugas ini memiliki judul “Dedikasi Prof. Kurnasih, 44 Tahun Pengabdian untuk Diagnosis Penyakit Ikan” kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Ketua Panitia sekaligus Moderator yaitu Dr. drh. Yuli Purwandari K., MP. Beliau menyampaikan kekagumannya terhadap Prof. Kurniasih, dan merasa sangat senang dan bangga telah dapat bekerja sama sebagai rekan kerja dalam Departemen Patologi, beliau juga menyampaikan rasa syukur nya mendapat kesempatan untuk dapat menyelenggarakan acara Purna Tugas untuk Prof. Kurniasih ini meskipun masih dalam keadaan pandemi.

Setelah sambutan dari ketua panitia, dilanjutkan sambutan oleh Ketua Departemen Patologi, drh. Sitarina Widyarini, MP., Ph.D mengucapkan banyak terimakasih atas dedikasi serta kontribusi Prof. Kurniasih dalam dunia Patologi, beliau juga menyampaikan dukungan dan support untuk Prof. Kurniasih setelah purna tugas, agar senantiasa dalam keadaan sehat dan ilmu nya menjadi manfaat.

Adapun setelah itu adalah sambutan dari Dekan Fakultas Kedokteran Hewan, yang diwakili oleh Wakil Dekan bidang Akademik yaitu drh. Agung Budiyanto, MP., Ph.D beliau juga mengucapkan terimakasih kepada Prof. Kurniasih dan memberikan do’a agar Prof. Kurniasih beserta keluarga senantiasa diberikan kesehatan, kebaikan dan kebermanfaatan, beliau juga membuka acara Webinar Pidato Purna Tugas pada pagi hari itu.

Masih dalam rangkaian yang serupa yaitu sekapur sirih dari berbagai pihak yang memiliki kenangan dan kedekatan dengan Prof. Kurniasih semasa beliau mengabdi hingga masa purna tugas.

Prof. Kurniasih merupakan ahli patologi, dan banyak sekali kontribusinya dalam dunia patologi veteriner, maka sambutan selanjutnya disampaikan oleh Dr. drh. Yulvian Sani, Ph.D, AP.Vet dari Asosiasi Patologi Veteriner Indonesia, beliau menyampaikan bahwa Prof. Kurniasih merupakan salah satu insiator berdirinya APVI, beliau juga menyampaikan banyaknya kontribusi Prof. Kurniasih kepada APVI terutama dalam hal pengembangan kompetensi serta pengembangan keilmuan patologi, Prof. Kurniasih juga merupakan salah satu yang mengenalkan dunia patologi ikan dan sering melakukan pelatihan kepada anggota asosisasi, beliau berharap mekipun Prof. Kurniasih sudah Purna Tugas, masih terus berkontribusi dan terlibat dalam dunia patologi veteriner. Selanjutnya adalah sambutan dari Prof. drh. Bambang Pontjo Priyosoeryanto, M.Sc., Ph.D., AP.Vet yang merupakan sahabat sekaligus rekan Prof. Kurniasih dalam APVI dan rekan beliau ketika mengabdi di BKIPM, beliau menyampaikan harapan agar mesikpun Prof. Kurniasih sudah purna tugas dari FKH UGM, namun pathologist never die, sehingga masukan dan keterlibatan Prof. Kurniasih masih sangat di harapkan. Beliau juga menyampaikan selamat kepada Prof. drh. kurniasih telah purna tugas dan menyampaikan “Jangan pernah purna tugas dari patologi”

Selanjutnya memasuki acara webinar pertama, yaitu dari kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) yaitu Dr. Ir. Rina, M.Si, dalam materinya beliau menyampaikan mengenai Peran BKIPM dalam Program Kesehatan Hewan Akuatik, paparan beliau sangat menarik mulai dari ranah kerja BKIPM hingga regulasi terbaru terkait Karantina dan budidaya ikan. Dalam webinar ini juga diberikan kesempatan untuk adanya diskusi dari pertanyaan yang disampaikan peserta. Salah satu yang menarik adalah pertanyaan mengenai Keterlibatan dokter hewan dalam BKIPM, dan beliau menyampaikan bahwa dokter hewan sangat di butuhkan terutama terkait identifiksi penyakit pada ikan, jadi hampir setiap laboratorium yang dimiliki oleh BKIPM memiliki ahli kesehatan hewan didalamnya.

Pada akhirnya, yang paling ditunggu adalah pidato purna tugas dari Prof. drh. Kurniasih, MV.Sc., Ph.D. dengan judul Perkembangan Riset pada Hewan Akuatik di FKH UGM, dalam materinya beliau menyampaikan perjuangan beliau dari jaman perkuliahan S1 di FKH UGM kemudian S2 di Australia, bercerita tentang lika liku kehidupannya karena harus menyeimbangkan antara studi dan keluarga. Kemudian beliau menceritakan perjalanan beliau menjadi pembina SKIPM pada tahun 1991. Selanjutnya beliau memaparkan hasil penelitian dari mahasiswa dan mahasiswi bimbingannya, yang jumlahnya sangat banyak dan dengan prestasi yang luar biasa. Kesimpulan dari webinar beliau adalah bahwa peralatan skill dan staff dari BUSKIPM sudah baik, kemudian perlu adanya penelitian secara multidisiplin atau lintas sektoral, penelitian yang lebih banyak mengenai penyakit zoonosis, dan peningkatan vaksinasi pada ikan yang lebih optimal.

Beliau mengucapkan terimakasih kepada kepala BKIPM atas kerjasamanya, dan beliau meminta maaf apabila ada kesalahan selama beliau berkiprah di BKIPM, ketika menjadi guru besar dan ahli patologi. Beliau juga menyampaikan pesan “Gantungan cita citamu setinggi langit, tidak ada ilmu yang berdiri sendiri, dokter hewan harus tau ilmu-ilmu multidisipliner” tak lupa beliau juga menyampaikan terimakasih kepada FKH UGM sebagai tempat beliu menuntut ilmu dan mengabdi hingga masa purna tugas.

Sebelum acara ditutup, diadakan kegiatan penyampaian kesan dan pesan dari peserta, hadir dalam webinar yaitu dari Senat Akademik UGM, Dr. Bagus Santoso, M.Soc.Sc yang menyampaikan terimakasih atas kontribusi Prof. Kurniasih, dan semoga terus berkarya karena pensiun hanyalah status dan kemudian disusul oleh penyampaian kesan pesan dari drh. Dyah Ayu Oktavianie Ardhiana Pratama, M. Biotech selaku Dekan dari FKH UB yang pernah mendapat bimbingan dari Prof. Kurniasih selama masa studinya ketika mengenyam pendidikan sarjana dan program profesi kedokteran hewan.

Acara ini ditutup dengan do’a yang dipandu oleh dosen patologi  drh. Sugiyono, M.Sc. sebelum memandu do’a, beliau juga menyampaikan banyak terimakasih kepada Prof. Kurniasih, serta menyampaikan rasa syukurnya pernah bekerja sama dengan orang yang memiliki dedikasi tinggi seperti Prof. Kurniasih

Prof. Kurniasih memberikan banyak kesan kepada seluruh mahasiswa bimbingannya maupun rekan kerja beliau, dedikasi beliau serta kegigihan beliau menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Terimakasih prof. Kurniasih, Selamat Purna Tugas, semoga tetap diberikan kesehatan dan semoga tetap bermanfaat sampai kapanpun.