Peningkatan Skill Praktik Hewan Besar Ala HSTP Melalui PKV

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Pengenalan Keprofesian Veteriner (PKV) diselenggarakan oleh Biro Jaringan Himpunan Studi Ternak Produktif (HSTP) FKH UGM di berbagai instansi yang terkait dengan dunia kedokteran hewan khususnya di bidang hewan ternak. Kegiatan terdiri dari tiga rangkaian acara yaitu pembekalan, pelaksanaan, dan presentasi hasil PKV.

Acara pembekalan pada 18 Mei 2019 diisi oleh alumni HSTP angkatan 2015 yaitu Desy Eka Susilawati dan Dwi Rachmat Pambudi yang memaparkan tentang wawasan, pandangan, dan persiapan peserta PKV serta hal-hal yang perlu dilakukan saat melaksanakan kegiatan. Terlihat antusiasme para peserta yang merupakan mahasiswa FKH angkatan 2017 dan 2018. Beberapa peserta yang hadir merupakan mahasiswa yang baru pertama kali mengikuti PKV HSTP ini.

Kegiatan PKV sendiri dilaksanakan pada tanggal 1-12 Juli 2019 untuk gelombang pertama dan 15-26 Juli 2019 untuk gelombang kedua. Selain itu, PKV juga dilaksanakan pada waktu khusus sesuai dengan kesepakatan dengan tempat PKV. Terdapat kurang lebih 10 instansi berbeda yang dijadikan sebagai tempat PKV.

BBVET Wates merupakan salah satu tempat PKV. Peserta PKV dapat mempelajari seputar dunia laboratorium di BBVET Wates. Selain itu, peserta yang melaksanakan di tempat lain, misalnya di Nusantara Polo Club, Direktorat Polisi Satwa Jakarta, DENKAVKUD, Eclipse Stud & Stable dan Santosa Stable dapat pengalaman menangani kasus-kasus penyakit pada kuda. Tidak hanya menangani penyakit kuda, para peserta juga mendapat kesempatan untuk berkuda. PKV Ruminansia besar bertempat di praktik mandiri drh. Mukhlas di Salatiga. Di BBPTU dan HPT Baturraden peserta mendapat ilmu mengenai susu dan pengolahan serta hijauan pakan ternak yang baik. Sedangkan di PT. Lembu Jantan Perkasa, peserta berkesempatan menangani sapi-sapi potong impor. Peserta juga mendapatkan pengalaman belajar tentang manajemen farm dan nekropsi ayam di PT. Charoen Phokpand.

Acara PKV berakhir pada tanggal 30 Agustus 2019 yang ditandai dengan presentasi kelompok dan sharing pengalaman antar peserta PKV. Dalam acara penutupan juga terdapat pemberian hadiah bagi presentasi terbaik dan hadiah pemenang Photo Challenge PKV HSTP 2019. Melalui PKV HSTP kali ini diharapkan dapat mempersiapkan dan mengenalkan peserta kepada peran profesi dokter hewan dalam bidang hewan ternak.

HSTP kokoh dan profesional!