Pengumuman Hasil Penilaian dalam Sayembara Logo Dies dan Maskot Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Dalam rangka pelaksanaan Dies Natalis FKH UGM ke 73,  panitia menggelar “Sayembara Logo Dies dan Maskot FKH UGM”. Tujuan sayembara ini adalah 1) Memperoleh desain logo Dies Natalis FKH UGM dan maskot FKH UGM yang menarik dan mudah diingat yang dapat digunakan untuk branding dan promosi kegiatan FKH UGM, khususnya Dies Natalis FKH UGM ke-73, 2)Memperoleh desain logo dan maskot yang dapat mencerminkan kepribadian dan identitas FKH UGM, 3) Dengan adanya logo dan maskot FKH UGM mampu menciptakan ikatan emosional yang baik antar sivitas akademika FKH UGM, alumni, dan stake holder, 4) Meningkatkan coorporate image FKH UGM dan kegiatan Dies Natalis FKH UGM ke-73. Sayembara dapat diikuti oleh Terbuka untuk dosen, tendik, dan mahasiswa FKH UGM dan melampirkan identitas diri (fotokopi KTP atau kartu mahasiswa). Pelaksanaan sayembara telah dilaksanakan pada tanggal 30 April – 23 Mei 2019. Tema sayembara logo dan maskot ini adalah “Kiprah Dunia Veteriner dalam Meningkatkan Kualitas Lingkungan dan Kesejahteraan Manusia”. Adapun ketentuan sayembara ini sebagai berikut:

  1. Logo dan Maskot yang dinyatakan sebagai pemenang secara sah menjadi milik FKH UGM.
  2. Fakultas berhak mengubah bentuk, ukuran, warna, dan memakainya untuk semua keperluan FKH UGM tanpa adanya kewajiban memberikan royalti kepada pemenang.
  3. Karya yang diterima harus lengkap mengikuti persyaratan yang sudah ditetapkan, apabila tidak memenuhi syarat, karya akan didiskualifikasi dan tidak diikutsertakan dalam penilaian.
  4. Desain Logo dan Maskot harus merupakan karya orisinal dan belum pernah dilombakan.
  5. Peserta wajib memenuhi semua perundang-undangan, peraturan dan ketentuan yang berlaku. Apabila terjadi pelanggaran atas peraturan dan ketentuan yang berlaku, maka peserta harus membebaskan fakultas dari segala beban dan tanggung jawab apabila ada tuntutan dari pihak ketiga atau pihak yang berwajib.

 

Selain itu, terdapat persyaratan administrasi, teknis dan kriteria khusus untuk logo dan maskot sebagai berikut:

  1. Setiap peserta hanya dapat mengirimkan satu karya (1 logo dan 1 maskot) yang sudah disesuaikan ukurannya menjadi 620x620px dan spesifikasi kode warna logo versi CMYK: Folder Logo/ Maskot Asli : Corel Draw/ Freehand/ Illustrator; Folder presentasi JPEG 300 dpi (high quality); Folder konsep Logo / Maskot dalam format PDF. Karya harus jelas jika diperkecil sampai dengan 3×3 cm.
  2. Melampirkan filosofi dari konsep desain logo dan Maskot yang berisi uraian makna logo/maskot yang dibuat.
  3. Logo berupa simbol atau karakter yang menggambarkan pelaksanaan Dies Natalis FKH UGM ke-73 sesuai temaKiprah Dunia Veteriner dalam Meningkatkan Kualitas Lingkungan dan Kesejahteraan Manusia dan kesesuaian dengan nilai-nilai yang dimiliki FKH UGM.
  4. Maskot FKH UGM berupa fauna asli Indonesia, dan kearifan lokal FKH UGM serta potensi yang dimiliki FKH UGM.
  5. Maksimal warna yang digunakan dalam logo dan maskot adalah 3 warna. Khusus untuk maskot dominan warna ungu.
  6. Penampilan logo dan maskot menarik dan aplikatif diterapkan pada berbagai kemungkinan teknik dan media, baik 2 dimensi maupun 3 dimensi.
  7. Logo dan maskot harus original dan belum pernah dipublikasikan
  8. Peserta harus menyertakan data identitas diri yang berisi: Nama, Nomor KTP/No Kartu Mahasiswa, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  9. Melampirkan Surat Pernyataan bermaterai Rp. 6000,- (format surat terlampir).
  10. Semua file tersebut di atas dikirimkan dalam bentuk softfile dan hardfile (cetak di kertas A4) dikirimkan ke sdr. Winarni

 

Kriteria penilaian dalam lomba ini didasarkan pada: orisinalitas karya, relevansi logo dan maskot dengan tema, makna filosofis, mempertimbangkan unsur estetika, dan pemanfaatan pada berbagai media cetak dan elektronik. Penanggungjawab dewan juri adalah Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerjasama FKH UGM (Dr. drh. Rini  Widayanti, M.P.), ketua dewan juri adalah Ketua Panitia Dies Natatalis FKH UGM ke-73 (Dr. drh. Aris Haryanto, M.Si.). Beberapa pihak dan unsur yang bertindak sebagai anggota Dewan Yuri adalah Asisten Dekan FKH (Dr. drh. Widagdo Sri Nugroho, M.P.), Dr. drh. Agustina Dwi Wijayanti, M.P., Ida Fitriana, S.Farm., Apt., M.Sc., dan drh. Dito Anggoro, M.Sc.. Nominator maskot disahkan dan disetujui melalui rapat senat FKH UGM. Untuk pemenang sayembara logo disediakan hadiah dari FKH sebesar Rp. 750.000 dan pemenang sayembara maskot sebesar Rp.1.000.000. Setelah dilakukan penilaian oleh dewan juri, dengan ini panitia mengumumkan yang berhak sebagai pemenang sayembara logo Dies FKH UGM adalah Muhammad Naufal Erzal (16/398211/KH/08982) dengan tema 73 sayap, sedangkan pemenang maskot FKH UGM adalah Adecitra Mutiarinda dan Andreas Bandang Hardian dengan nama maskot Dedali.

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [0.96 MB]