Manajemen Rumah Sakit Hewan (MRSH): Bagian yang Hilang dari Pendidikan Profesi Dokter Hewan

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Pada saat ini sudah banyak Rumah Sakit Hewan di didirikan, baik swasta maupun yang ada di Universitas yang memiliki program studi Dokter Hewan sebagai rumah sakit pendidikan. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka pendidikan profesi dokter hewan juga harus memberikan bekal kompetensi manajemen rumah sakit hewan untuk memenuhi kebutuhan stack holder di lapangan. Materi dan praktek Manjemen Rumah Sakit Hewan akan diberikan kepada  mahasiswa tingkat profesi di rumah sakit hewan yang sudah memenuhi standar fasilitasnya. Salah satu rumah sakit hewan yang ada adalah drh. Nugroho Animal Center 1, yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol No. 184, Sekayu, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah.

Kurikulum dari MRSH meliputi: manajemen teori MRSh dan manajemen praktik MRSH. Terdapat 8 bidang yang mahasiswa koasistensi harus kerjakan, seperti bidang finansial, bidang SDM, bidang laboratorium, bidang rekam demis, bidang rawat inap, bidang radiografi, bidang bedah dan bidang farmasi. Di akhir rangkaian aktivitas ini, mahasiswa akan dinilai berdasarkan aspek sikap, pemahaman terhadap administari RSH, keuangan dan SDM, farmasi, laboratorium dan pelayanan pasien, juga pelaksanaan seminar : penguasaan materi, presentasi, kemapuan diskusi, perilaku dan penampilan saat presentasi.

 

Diharapkan aktivitas ini dapat memperkaya pengetahuan dan kapabilitas dari mahasiswa untuk memikili profesionalitas dalam menjadi dokter hewan, dan juga meningkatkan kewirausahaan dari mahasiswa.