VSC: Karya Ilmiah Mahasiswa Veteriner Nasional (KIMVETNAS) 2022

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Pada hari Sabtu, 19 November 2022 telah dilaksanakan Seminar KIMVETNAS 2022 yang merupakan puncak kegiatan Karya Ilmiah Mahasiswa Veteriner Nasional (KIMVETNAS) 2022 yang diadakan oleh Veterinary Science Community (VSC) FKH UGM. KIMVETNAS sendiri merupakan program kerja tahunan VSC FKH UGM dengan puncak kegiatan berupa Seminar KIMVETNAS 2022. Tujuan kegiatan KIMVETNAS yakni memfasilitasi mahasiswa untuk semakin mengasah kemampuan berkompetisi dibidang akademik, menginisiasi mahasiswa dalam menciptakan metode baru guna kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan, serta meningkatkan minat mahasiswa terhadap dunia kepenulisan.

KIMVETNAS menyediakan rangkaian perlombaan esai dan LKTI yang dapat diikuti oleh siswa SMA dan Mahasiswa dari seluruh Indonesia yang dimulai dengan dibukanya pendaftaran pada tanggal 13-27 September 2022, hingga dilakukannya pengumpulan abstrak, penjurian, pengumpulan full paper, technical meeting babak final, dan presentasi karya pada 27 September 2022 – 12 November 2022. Pengumuman pemenang diumumkan pada puncak kegiatan KIMVETNAS, yakni Seminar KIMVETNAS pada tanggal 19 November 2022.

Seminar KIMVETNAS tahun ini mengusung tema “Pemeliharaan Kesehatan Mental dengan Hewan Kesayangan dalam Upaya Penguatan Kesehatan Global” dengan pembicara Zahwa Islami, S.Psi. Seminar berlnagsung pada pukul 13.00-16.10 WIB di Ruangan 101 FKH UGM. Dalam seminar tersebut, dibahas mengenai kondisi mental yang sehat akan membantu perkembangan seseorang menuju arah yang lebih baik dimasa mendatang. Ketidakmampuan individu dalam menghadapi suatu masalah dapat menyebabkan individu mengalami gangguan kesehatan jiwa, seperti cemas dan stres. Memelihara hewan adalah cara yang baik untuk mengurangi kecemasan dan stres. Seekor hewan peliharaan dapat menjadi sumber kenyamanan, persahabatan, dan motivasi bagi pemiliknya sehingga membantu mengelola masalah kesehatan, baik fisik maupun mental. Dalam kebanyakan kasus, hewan yang sering dipilih untuk terapi ini adalah anjing, burung, dan kuda. Setelah seminar berlangsung, dilakukan pengumuman pemenang Final KIMVETNAS 2022.

Diharapakan dengan adanya KIMVETNAS 2022, siswa SMA dan mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan dan ketertarikan dalam dunia kepenulisan, khususnya kepenulisan ilmiah demi Indonesia yang lebih Makmur.