PENGENALAN KEPROFESIAN VETERINER VSC 2019

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Veterinary Science Community (VSC) adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa yang ada di FKH UGM yang bergerak dibidang riset, kajian, dan penelitian. VSC bertugas untuk menampung bakat dan minat mahasiswa dibidang penelitian. Tidak hanya dibidang penelitian, VSC juga bergerak untuk meningkatkan prestasi mahasiswa FKH UGM terutama dalam kompetisi-kompetisi tentang penelitian dan kegiatan pekan kreativitas mahasiswa yang diadakan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Pengenalan Keprofesian Veteriner (PKV) adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan secara tahunan oleh kelompok studi Veterinary Science Community (VSC) Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Kegiatan PKV ini berlangsung saat libur semester genap dengan sasaran kegiatan adalah mahasiswa/i FKH UGM.

Rangkaian kegiatan PKV berlangsung pada tanggal 1-14 Juli 2019 dengan jumlah peserta 13 orang. Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa instansi yakni Balai Karantina Pertanian Soekarno-Hatta, Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta, dan Laboratorium Kesehatan Hewan Surakarta.

Selama kegiatan magang berlangsung, banyak ilmu yang didapatkan oleh peserta, diantaranya adalah cara grooming hewan kecil dan besar, pemberian pakan hewan, pemberian vaksin, dan kegiatan-kegiatan laboratorium. PKV ini dilaksankan dengan tujuan agar mahasiswa dapat memperoleh pengalaman kerja secara langsung di instansi untuk mengetahui lingkungan kerja yang sebenarnya, membandingkan secara langsung ilmu yang diperoleh selama perkuliahan dengan pelaksanaan di lapangan, untuk memperoleh pengetahuan dari tempat magang dan mengaplikasikan kemampuan praktik yang diperoleh di perkuliahan, dan untuk mengetahui proses-proses kerja yang terdapat di perusahaan seperti produk hasil, tenaga kerja, kedisiplinan dan keselamatan kerja.