Reptile Basic Medicine: Saurian

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Kelompok Studi Hewan Liar (KSSL) FKH UGM mengadakan kegiatan Reptile Basic Medicine pada hari Minggu, 6 Mei 2019 dengan peserta mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan dan masyarakat umum. Tema yang diangkat adalah Saurian atau kadal, yaitu kelompok hewan bersisik, memiliki empat kaki, memiliki lubang telinga, dan kelopak mata yang dapat dibuka-tutup. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang IPD dan Lab Lt. 3 RSH Prof. Soeparwi Jalan Fauna 1b. Kegiatan ini meliputi seminar dan workshop.

Kegiatan seminar dimulai pukul 09.00 WIB yang diisi oleh dua orang pembicara, yaitu Donan Satria Yudha, S.Si., M.Sc. (Asisten Ahli dan Kepala Museum Biologi UGM) dan drh. Frengky Chandra Parlinda. Materi yang diberikan oleh Pak Donan meliputi pendahuluan tentang Saurian seperti identifikasi spesies, diet/makanan, habitat, status konservasi, dan cara pelestariannya. Materi yang kedua dari drh. Chandra meliputi anatomi saurian, handling dan restrain, penyakit yang sering dijumpai, dan pengobatannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan workshop. Peserta dan dua dokter hewan yaitu drh. Chandra dan drh. Jumaryoto melaksanakan kegiatan ini di Laboratorium IPD RSH Prof. Soeparwi. Peserta dibagi menjadi dua kelompok yang masing-masing didampingi oleh satu dokter hewan. Hewan yang digunakan untuk praktek antara lain adalah iguana, bearded dragon, tegu, dan savannah monitor. Materi yang disampaikan meliputi medical check-up, diagnosa penyakit, pengambilan darah, sexing, dan pemberian vitamin.

Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan maupun masyarakat umum sehingga dapat mengetahui berbagai jenis Saurian beserta diet dan habitatnya, penyakit yang sering dijumpai, serta konservasi mengenai kelompok hewan ini. Dengan mengikuti kegiatan ini, diharapkan peserta dan masyarakat umum semakin peduli terhadap kelestarian satwa liar ini.

Kegiatan ini selesai pukul 15.00 WIB. Acara ditutup dengan foto bersama pembicara dan seluruh peserta serta panitia.