UPGRADING PC IMAKAHI UGM 2019

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Upgrading merupakan media untuk meningkatkan skill, komunikasi, dan kerjasama antar Pengurus Cabang IMAKAHI UGM agar tercipta ikatan yang kuat selama satu periode ke depan. Upgrading ini dilaksanakan tanggal 30-31 Maret 2019 di Omah Noto Plankton no.15, Tempel, Kab. Sleman, Yogyakarta.

Acara dimulai pukul 13.00 dengan pemaparan materi mengenai public speaking oleh Yasyfi Ridhowati dari Ilmu Komunikasi 2016 UGM. Beliau menyampaikan bahwa terdapat 3 pilar public speaking yaitu Ethos/speaker credibility yang dibentuk lewat social media, penampilan, dan kedisiplinan, Pathos/emotional connection yang dimulai dari kesamaan–based on context/audient, dan Logos/logic yaitu substansi materi. Selain itu, untuk menguasai public speaking harus memiliki 3 strategi yaitu Room harus mengetahui situasi dan kondisi, Audience harus mengetahui dengan siapa kita berbicara, dan Material materi apa saja yang akan disampaikan. Pada akhir materi, Yasyfi menyimpulkan bahwa kunci sebenarnya public speaking adalah latihan.

Materi kedua disampaikan oleh drh. Alan Chandrasaputra mengenai etika berorganisasi. Beliau berpesan bahwa saat mengubah diri untuk mencocokkan dengan orang lain juga harus selalu ingat kalau friends come and go. Pencitraan bagus namun hanya pada taraf tertentu saja karena jika berlebihan berarti kita menyombongkan diri.

Selain upgrading, pada acara ini juga dilaksanakan forum santai ala IMAKAHI atau lebih dikenal dengan FORSASI. Kegiatan ini merupakan kegiatan sharing bersama alumni IMAKAHI sehingga dapat membuka wawasan dan saling bertukar pikiran mengenai IMAKAHI dan saling memberikan motivasi untuk memperkuat IMAKAHI baik secara internal maupun eksternal. Pelaksanaan FORSASI bertempat di rumah makan jawa Loh Jinawi dan dihadiri oleh alumni dari berbagai angkatan. Staff PC IMAKAHI UGM memanfaatkan kesempatan ini untuk bertanya banyak hal kepada para alumni yang hadir.

Pada FORSASI kali ini, para staff PC IMAKAHI UGM juga turut merayakan hari ulang tahun IMAKAHI ke-36 yang jatuh pada tangggal 21 Maret 2019. Peniupan lilin dan pemotongan kue diwakilkan oleh Faishal selaku penanggung jawab PC IMAKAHI UGM 2019, Noli penanggung jawab PC IMAKAHI UGM 2018, dan Jo selaku penanggung jawab PC IMAKAHI UGM 2017.

Acara ini ditutup dengan foto bersama staff dan alumni PC IMAKAHI UGM. Harapan kedepan semoga PC IMAKAHI UGM akan terus berkembang menjadi lebih baik lagi dan memiliki semangat lebih tinggi untuk memperjuangkan profesi dokter hewan.