Pet Animal Advanced Study (PAAS) 2019: Emergency Fluid Therapy in Pet Animals

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Sabtu, 13 April 2019, Departemen Pendidikan Kelompok Studi Hewan Kesayangan (KSHK) melaksanakan kegiatan Pet Animal Advanced Study (PAAS). Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan yang pernah dilaksanakan yaitu Pet Animal Basic Study (PABS) dan Pet Animal Intermediate Study (PAIS). Kegiatan PAAS kali ini mengambil tema “Emergency Fluid Therapy in Pet Animals”.

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang 103 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (FKH UGM). Kegiatan berlangsung dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 13.00 siang. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 33 orang yang merupakan anggota KSHK angkatan 2018.

Kegiatan PAAS kali ini berfokus pada cara pemberian infus dan pengambilan darah pada hewan kesayangan, seperti anjing dan kucing. Pembicara dan trainer yang dihadirkan untuk memberi materi dan pelatihan kepada para peserta kegiatan memang sudah sangat berpengalaman. Para peserta terlihat sangat antusias dan serius dalam mengikuti pelatihan.

Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta jadi lebih banyak mengenal mengenai keprofesian di bidang veteriner. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wadah pendidikan untuk anggota KSHK dalam rangka menambah pengetahuan dan pengalaman praktik medis veteriner. Bagi mahasiswa FKH UGM, kegiatan ini sangat mendukung dan bermanfaat dalam pencapaian pembelajaran lulusan program pendidikan sarjana kedokteran hewan.

Kegiatan PAAS berjalan dengan lancar dan dapat diikuti dengan baik oleh seluruh peserta. Selepas kegiatan, peserta pun mendapat banyak manfaat, salah satunya ilmu yang berkaitan dengan cara menginfus dan mengambil darah dari hewan kesayangan, di mana dalam kegiatan PAAS dilakukan praktik menginfus dan mengambil darah kucing dan anjing.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan. Harapannya kedepan, kegiatan seperti ini akan lebih banyak lagi dilakukan sebagai salah satu metode pembelajaran aktif yang menyenangkan di FKH.