13 UKM di FKH UGM berkomitmen meningkatkan Prestasi!

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Sabtu, 16 Februari 2019 Pengurus baru Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkup Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) sejumlah 13 UKM mengikuti acara Pembekalan UKM yang diselenggarakan di auditorium  FKH UGM. Acara ini merupakan pembekalan UKM yang kedua kalinya yang diselenggarakan oleh pihak fakultas.

Dalam pembukaanya, drh. Agung Budiyanto, M.P., Ph.D., selaku Wakil Dekan I, menyampaikan bahwa kegiatan UKM harus ditingkatkan dalam hal kualitas bukan kuantitas. “UKM harus mulai merancang sebuah program yang besar, minimal tingkat nasional yang melibatkan kerjasama beberapa UKM, kemudian dikembangkan lagi menjadi tingkat internasional.” ujarnya. Selama ini proposal kegiatan yang diajukan oleh pengurus UKM sangat banyak. Namun sebagian besar masih terbatas untuk kalangan internal. Kegiatan pembekalan ini diselenggarakan untuk mendorong pengurus UKM agar memiliki visi dan misi yang sejalan dengan fakultas, yaitu menjadi pusat unggulan Pendidikan Tinggi Kedokteran Hewan bertaraf internasional yang dilandasi jiwa Pancasila.

Materi yang diberikan kepada pengurus UKM antara lain sejarah FKH UGM, leadership dan motivasi, administrasi keorganisasian, SOP dan SPJ kegiatan, publikasi kegiatan, serta komitmen pengurus untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). drh. Anggi Muhtar Pratama, M.Sc., selaku salah satu pemateri meminta masing-masing UKM untuk mengirimkan wakilnya untuk “disekolahkan” PKM. Secara keseluruhan, acara berjalan dengan menarik dan dinamis yang diselingi dengan ice breaking oleh team building. Acara ini ditutup oleh Dr. drh. Widagdo Sri Nugroho, M.P., selaku Asisten Wakil Dekan. Dalam penutupannya, beliau berpesan agar seluruh kegiatan tidak berhenti sampai pada tahap pelaporan saja tetapi harus ada tindak lanjut yang dilakukan terhadap kesimpulan yang didapat dari penyelenggaraan kegiatan. “Kegiatan jangan hanya berhenti sampai dengan pelaporan, kegiatan yang sifatnya ilmiah dapat diteruskan menjadi suatu karya ilmiah untuk diajukan dalam PKM-AI misalnya, atau kesimpulan yang didapat dalam penyelenggaraan seminar ditulis menjadi suatu rekomendasi dan dikirimkan kepada pihak-pihak yang terkait.” paparnya lebih lanjut.

Pihak fakultas berharap melalui acara ini akan menimbulkan motivasi pengurus UKM. Dengan komitmen pengurus UKM dapat memperkuat dan meningkatkan kualitas kegiatan serta berkomitmen ikut serta dalam peningkatan prestasi ditingkat nasional maupun internasional.