Sticky News
Lihat semua:   Sticky
Rilis berita
Lihat semua:   Berita

Mahasiswa FKH UGM berhasil menjadi Finalis Terbaik dalam acara “Lomba Inovasi IPTEK Pemuda Nasional” yang diadakan oleh Kemenpora RI

JAKARTA – Mahasiswa FKH UGM berhasil lolos menjadi Finalis dalam acara “Lomba Inovasi IPTEK Pemuda Nasional dalam rangka penguatan Youth Center yang diadakan oleh KEMENPORA RI” dengan Tema : Pemuda Indonesia Yang Inovatif Untuk Indonesia MANDIRI dan Berdaya Saing. Mahasiswa tersebut adalah Rahmad Dwi Ardhiansyah dengan karya inovasi “Platelet Rich Plasma (PRP) dari limbah darah sapi sebagai obat luka bakar”. Acara tersebut diadakan di Hotel Menara Peninsula Jakarta mulai dari tanggal 23 oktober – 26 oktober 2014.

Sosialisasi Fasilitas Database Jurnal Elektronik dan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Nasional dan Internasional

Pada pada tanggal 1 Oktober 2014, telah dilaksanakan agenda kegiatan yaitu Sosialisasi Fasilitas Database Jurnal Elektronik bagi mahasiswa di FKH UGM. Kegiatan Sosialisasi bagi mahasiswa diikuti lebih kurang 200 mahasiswa. Pada kesempatan ini mahasiswa dapat memperoleh informasi yang sangat bermanfaat dari masing-masing pembicara. Pembicara pertama, Dwijanto Suandaru, SE. (Rekanan DIKTI) pada acara ini menjelaskan strategi pemanfaatan jurnal elektronik, mulai dari pencarian informasi, penyimpanan dan berbagi dengan mahasiswa yang lain (sharing) melalui database elektronik yang sudah dilanggan DIKTI dan UGM yang dapat diakses melalui http://lib.ugm.ac.id.

FKH UGM Berangkatkan 321 Mahasiswa Pemeriksa Hewan Kurban

YOGYAKARTA – Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UGM menerjunkan 321 mahasiswa pemeriksa kesehatan untuk hewan kurban di lima kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta. Para mahasiswa ini rencananya melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban sebelum dipotong (antemortem) dan pemeriksaan setelah dipotong (postmortem) pada 4-6 Oktober mendatang. Secara simbolis pemberangkatan mahasiswa ini ditandai dengan penyematan jas laboratorium dan alat kedokteran oleh Dekan FKH UGM Dr. drh. Joko Prastowo, M.Si., kepada dua orang mahasiswa di depan gedung FKH UGM, Jumat (3/10).

Mahasiswa FKH UGM Menemukan obat Luka Bakar dari Limbah Darah Sapi

Seperti kita ketahui Rumah Potong Hewan (RPH) merupakan tempat yang sah menurut undang-undang untuk melakukan penyembelihan hewan ternak. Di RPH sapi adalah hewan yang paling banyak disembelih di rumah potong hewan dibandingkan ternak lainnya. Seekor sapi menghasilkan limbah darah sebanyak 28 liter, sehingga dalam satu rumah potong hewan selama satu tahun total limbah darah yang dihasilkan dapat mencapai 88.088 liter. Sangat disayangkan limbah darah yang melimpah ini masih belum dimanfaatkan. Limbah darah ini dapat mencemari air maka akan berdampak pada kualitas fisik air yaitu warna dan pH disamping itu total padatan terlarut. Bahkan sampai saat ini, ada yang menjualnya untuk dikonsumsi, yang menurut islam makanan yang bernama saren tersebut haram untuk dimakan.

Powered by admin FKH-UGM