Sambutan Dekan

Selamat datang di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada, terimakasih telah mengunjungi situs website fkh.ugm.ac.id. Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (FKH UGM) merupakan salah satu FKH tertua di Indonesia. Keberadaan FKH UGM tidak dapat dilepaskan dari masa perjuangan bangsa Indonesia sejak masa penjajahan Belanda, penjajahan Jepang, dan awal kemerdekaan Republik Indonesia dengan turut sertanya para pendiri FKH UGM dalam perjuangan bangsa sekaligus menjadi pioneer di bidang kesehatan hewan di Indonesia. Pada awal masa kemerdekaan itulah Menteri Kemakmuran Republik Indonesia mengeluarkan Surat Keputusan Menteri Kemakmuran RI tanggal 20 September 1946 dengan No. 1280/a/Per yang menjadi dasar berdirinya Perguruan Tinggi Kedokteran Hewan di Klaten, cikal bakal FKH UGM. Tanggal terbitnya SK tersebut saat ini diperingati sebagai tanggal kelahiran FKH UGM.

 

Fakultas Kedokteran Hewan saat ini mengelola 4 program studi yaitu Program S1 Kedokteran Hewan, Profesi Dokter Hewan, S2 dan S3 Sains Veteriner. Dalam mengelola program studi,  Fakultas Kedokteran Hewan UGM berupaya menjalankan visi dan misi sejalan dengan visi dan misi Universitas Gadjah Mada dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.  Visi Fakultas Kedokteran Hewan UGM adalah sebagai pusat unggulan Pendidikan Tinggi Kedokteran Hewan bertaraf internasional yang dilandasi jiwa Pancasila. Visi tersebut ditetapkan dan dijalankan berdasar nilai-nilai Tridharma Perguruan Tinggi berbasis kearifan lokal. Dengan visi tersebut, FKH berketetapan menjadi institusi yang “berakar kuat menjulang tinggi” (locally roated, globally respected) seperti yang dicita-citakan oleh UGM. Misi Program Studi Kedokteran Hewan FKH UGM menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat pada program studi di bidang Kedokteran Hewan secara professional serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat.

 

Fakultas Kedokteran Hewan secara terus-menerus meningkatkan mutu pendidikan melalui pelaksanaan audit mutu akademik internal, pada tahun 2016 semua program studi telah terakreditasi A oleh BAN PT. Program studi S1 dan Profesi telah tersertifikasi oleh ASEAN University Network (AUN) dan mutu akademik juga telah ditingkatkan melalui peningkatan mutu pelayanan akademik dengan sertifikasi ISO 9001:2008. Penjaminan mutu ini merupakan upaya Fakultas Kedokteran Hewan secara terus-menerus untuk dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mutunya di atas rata-rata mutu pendidikan nasional serta mampu bersaing di level Internasional.

 

Semoga melalui web ini dapat diperoleh berbagai informasi mengenai profil pendidikan dan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh FKH UGM.

 

Salam dan Viva Veteriner!

 

Dekan,

Prof. Dr. drh. Siti Isrina Oktavia Salasia