Ilmu Penyakit Dalam

Sejarah

Pada akhir tahun 1951 departemen ilmu penyakit dalam mulai terbentuk dengan berdirinya Poliklinik Hewan di Alun-alun Utara di sudut barat daya, yang pada waktu itu bernama seksi ilmu pengobatan. Poliklinik Hewan dibuka tanggal 19 November 1951 dan dipimpin oleh dokter hewan lulusan NIVS yaitu drh. R. Asung Pranoto sebagai dokter hewan kelas I yang dipekerjakan pada Fakultas Kedokteran Hewan sebagai dosen.

Departemen Ilmu Penyakit Dalam waktu itu mempunyai tugas: Pengobatan hewan secara konsultatif, stasioner dan ambultoir, memberi kesempatan kepada mahasiswa supaya belajar menerima pasien untuk diperiksa dan diobati di Poliklinik, mengobati dan merawat hewan yang dipondokkan. Disamping mengobati di Poliklinik juga melakukan operasi dan praktek Ilmu Kebidanan dan juga mengerjakan penapelan kuda.

Pada tahun 1979 Klinik Hewan FKH UGM di Alun-alun Lor pindah ke Kuningan menempati gedung baru, dengan ruangan yang memadai dan fasilitas yang lebih lengkap serta kendaraan yang cukup (bantuan Presiden) sehingga pelayanan pengobatan keliling lebih dapat menjangkau daerah yang lebih luas. Departemen Ilmu Penyakit Dalam terdiri dari beberapa sub departemen antara lain Ilmu Penyakit Dalam Hewan Besar, Ilmu Penyakit Dalam Hewan Kecil, Ilmu Pakan Hewan.

 

Staff:

Ketua Departemen:

Dr. drh. Irkham Widiyono

Sekretaris Departemen:

Dr. drh. Yuriadi, M.P.

Dosen:

  1. Prof. Dr.. drh. Sri Hartati, S.U. (Direktur RSH)
  2. Prof. Dr. drh. Hastari Wuryastuty, M.Sc., Ph.D. (Ketua Komisi Pendidikan)
  3. Prof. Dr. drh. Ida Tjahajati, M.P.
  4. Dr. drh. Yanuartono, M.P.
  5. drh. Hary Purnamaningsih, M.P.
  6. Dr. drh. Sudarmanto Indarjulianto (Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama)
  7. drh. Guntari Titik Mulyani, M.P.
  8. drh. Slamet Raharjo, M.P.

Staff Kependidikan:

  1. Sudjono
  2. Rusmihayati
  3. Nurman Haribowo, S.Pt.
  4. Rina Puspitawati, A.Md.