Kuliah Tamu dari Hokkaido University di Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Fakultas Kedokteran Hewan bekerjasama dengan One Health/Eco Health Resource Center UGM telah mengadakan kuliah tamu pada hari Selasa, 7 Februari 2017 di Ruang Seminar I, Lantai 3 FKH UGM yang dihadiri oleh mahasiswa Pascasarjana FKH UGM sebanyak kurang lebih 30 peserta. Kuliah tamu yang diisi oleh Prof. Chihiro Sugimoto, D.V.M, Ph.D., dan Junya Yamagishi, Ph.D., Associate Professor dari Hokkaido University memaparkan tentang beberapa hasil riset yang telah dilakukan selama ini.

Prof Chihiro Sugimoto memaparkan Research activity of Research Center for Zoonosis Control, Hokkaido University in Africa, yaitu tentang penyakit Anthrax dan Trypanosoma pada manusia di Afrika. Sedangkan Junya Yamagishi memaparkan tentang Genomics of Pathogens, yaitu tentang Development of next generation sequencers (NGS) atau pengembangan ilmu sequencing yang digunakan untuk mempermudah mendeteksi suatu penyakit infeksius (infectious disease) yang berasal dari hewan ke manusia.

Dr. Junya mengenalkan riset meta genomics dan genomics epidemiology dengan menggunakan NGS. Dari kegiatan kuliah tamu tersebut, diproyeksikan ke depan terjalin kerjasama penelitian antara FKH UGM, One Health/Eco Health Resource Center UGM dan Hokkaido University tentang penyakit zoonotic (Emerging Infection Disease).