Pengenalan Traditional Chinese Veterinary Medicine, Obat Herbal dan Accupunture di FKH UGM

Dalam rangka meningkatkan kompetensi dokter hewan di Yogyakarta dan Sekitarnya Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada yang dilaksanakan oleh Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKH UGM menjalin kerja sama dengan Chi Institutute Menyelenggarakan Seminar dan Workshop Pengenalan Traditional Chinese Veterinary Medicine (TCVM) pada tanggal 2 Februari 2017 di Auditorium Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Dalam kesempatan Tersebut hadir drh. Lily Gunawan dan drh. Tatang Cahyono, DVM, CVA, CVCH, CVTP, CVTCVMP, MSTCVM sebagai Pemateri pada seminar dan workshop tersebut. Seminar yang diselenggarakan sehari ini dihadiri oleh 98 orang dokter hewan praktisi dari berbagai kota di Indonesia, 38 peserta dari Dinas, dan 30 peserta Dari Civitas Akademika Fakultas Kedokteran Hewan UGM.

Acara didahului dengan sambutan Ketua Panitia yang diwakili oleh Dr. drh. Yuriadi, M.P dan dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan drh. Agung Budiyanto, M.P., Ph.D. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa diera saat ini sebagai dokter hewan, apabila tidak meningkatkan kompetensi dibidang hard skill dan soft skill hanya akan menjadi dokter hewan yang biasa saja dan tidak akan menjadi dokter hewan yang istimewa. Untuk itu Fakultas Kedokteran Hewan UGM sangat mendukung sekali penyelenggaraan seminar ini sebagai upaya peningkatan kemampuan hard skill dibidang acupunture.

Kegiatan seminar terdiri dari 4 materi yaitu :

1. History dan pengenalan umum tentang traditional chinese veterinary medicine,

2. Fundamental of TCVM, Yin-Yang and five element,

3.Veterinary Chinese Herbal Medicine,

4. Tui-Na Massage and Veterinary food therapy.

Kegiatan workshop terdiri dari 2 tahapan yaitu workshop acupunture self needling in small animals, dan Tui-Na massage practice. Follow up kegiatan akan dilanjutkan dengan kursus/ training akupuntur onsite 5 yang akan dilakasanakan di fkh ugm tanggal 16-18 Februari 2017