Journalight: Wadah Aspirasi dan Kreativitas

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp


Yogyakarta-November 2019, Journalight dibuat oleh mahasiswa anggota BPPM (Badan Penerbitan Pers Mahasiswa) FKH UGM sebagai wadah mahasiswa untuk mengakses berita-berita terkini seputar dunia veteriner. Selain itu, Journalight juga memuat serba-serbi cerita kehidupan dunia perkuliahan di kedokteran hewan serta program-program kerja yang telah dijalankan oleh mahasiswa BPPM FKH UGM.

Journalight diwujudkan dalam bentuk papan mading yang disebut dengan newsboard. Newsboard edisi kali ini berisikan tentang info-info pengetahuan seputar dunia veteriner meliputi artikel-artikel berjudul “Prediksi Pola Penyebaran Infeksi Penyakit Ternak“ membahas mengenai penelitian yang dilakukan dokter hewan Gianluigi Rossi di Italia Utara, “Vaksin Flu untuk Anjing” membahas tentang pengembangan dua vaksin flu baru untuk anjing yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Rochester School of Medicine and Dentistry, dan “Penemuan Vaksin ZikaI” membahas mengenai hasil eksperimental seorang ahli vaksin bernama Drew Weissman yang telah terbukti melindungi tikus dan kera dari virus Zika. Selain itu, terdapat artikel mengenai pengetahuan umum seperti cara men-grooming seekor kucing, serba-serbi kehidupan di FKH UGM mengenai kisah cinta antar anak kedokteran hewan, serta esai foto hasil dokumentasi salah satu program kerja dari divisi teater BPPM FKH UGM yaitu Pentas Akhir Tahun yang berjudul ‘Jagaddhita’.

Selain Newsboard, hal lain yang termasuk ke dalam bagian Journalight adalah pengadaan identitas seorang jurnalis dalam bentuk seragam kemeja korsa. Bertahun-tahun semenjak berdiri, BPPM FKH UGM tidak pernah memiliki identitas sebagai seorang pers/jurnalis. Pada prakteknya, hal ini  terkadang menyulitkan proses pengumpulan berita, khususnya pada saat sedang mewawancarai narasumber atau instansi tertentu di lapangan. Identitas ini menjadi sebuah bukti bahwa BPPM FKH UGM merupakan sebuah badan jurnalistik yang sahih dan diakui oleh Fakultas Kedokteran Hewan UGM maupun kalangan jurnalistik di civitas akademika Universitas Gadjah Mada sehingga harapannya dapat dipermudah dalam mendapatkan informasi-informasi untuk diliput dan diolah menjadi artikel berita majalah-majalah BPPM FKH UGM.

Ke depannya, Journalight diharapkan menjadi salah satu media penyalur aspirasi,  kreativitas anggota BPPM FKH UGM, dan seluruh mahasiswa FKH UGM serta menjadi salah satu bukti bahwa BPPM FKH UGM merupakan sebuah badan jurnalistik yang valid dan dapat diakui kredibilitasnya di kalangan civitas akademika UGM.