Workshop Gajah 2019: Peduli, Kenali, Gajah Lestari!

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Divisi Mamalia Kelompok Studi Satwa Liar (KSSL) FKH UGM mengadakan kegiatan Workshop Gajah 2019 dengan tema “Elephant Basic Health Care Management, Parasites, and Reproduction Examination”. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa FKH UGM mengenal secara teoritis maupun teknis praktis tentang penanganan kesehatan dan pengamatan parasit pada gajah untuk memperluas pengetahuan, serta menjalin networking antara KSSL FKH UGM, Lembaga Non Pemerintah, swasta, kebun binatang, dan dengan instansi-instansi pemerintah di daerah yang membidangi fungsi kesehatan hewan untuk mewujudkan respon cepat penanganan gajah saat terjadi konflik. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 28 September 2019 di Gembira Loka Zoo, Yogyakarta, dengan kegiatan berupa seminar dan workshop. Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dihadiri oleh 41 Peserta dari mahasiswa FKH UGM mulai dari Angkatan 2018 hingga KOAS.

Pada acara Workshop Gajah kali ini mahasiswa dapat mengenal gajah secara langsung maupun secara teori melalui materi yang diberikan oleh pembicara, melakukan basic medicine, dan melakukan treatment untuk perawatan gajah. Pembicara pada kegiatan ini adalah drh. Muhammad Wahyu dari Vesswic (Veterinary Society for Sumatran Wildlife Conservation) dan drh. Berta Alviyanto dari Gembira Loka Zoo. Sesi seminar dengan pembicara drh. Muhammad Wahyu, menyampaikan materi tentang basic medicine pada gajah, yang dapat kami kutip antara lain, ”Bahwa Musth adalah fenomena alam dimana hampir setiap gajah jantan berusia 18 tahun keatas, mengalami pergeseran perilaku menjadi keras kepala, berbahaya, dan agresif untuk jangka waktu tertentu”. Praktik pertama yaitu materi USG yang disampaikan oleh drh. Berta Alviyanto, dilanjutkan dengan melakukan praktik basic medicine dengan pembicara drh. Muhammad Wahyu dan drh. Berta Alviyanto. Kegiatan ini diakhiri dengan melakukan pengecekan parasit pada feses gajah-gajah yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka.

 

Melalui kegiatan Workshop Gajah ini diharapkan para mahasiswa mampu  meningkatkan kepedulian, pengetahuan, serta membekali mahasiswa calon dokter hewan berbagai dasar ilmu kesehatan dan perawatan gajah sebagai hewan endemik Indonesia.

Salam Lestari!