Poultry Day 2019

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Yogyakarta, Sabtu 21 September 2019, Divisi Unggas Himpunan Studi Ternak Produktif (HSTP) Fakultas Kedokteran Hewan UGM melaksanakan kegiatan Poultry Day di dua peternakan bebek di Desa Daplokan, Kecamatan Seyegan, Sleman. Kegiatan Poultry Day ini bertujuan untuk menambah wawasan mengenai manajemen pemeliharaan bebek secara langsung, khususnya untuk calon dokter hewan. Tema yang diusung adalah “A Day With A Duck”. Kegiatan ini berlangsung sangat meriah dengan diikuti oleh kurang lebih 15 peserta dari kalangan mahasiswa yang sebagian besar berkewarganegaraan Malaysia dan beberapa peternak bebek dari desa tersebut.

Pada kesempatan ini juga dipaparkan materi materi mengenai ternak bebek. Pembicara pada kegiatan ini yaitu Ridlo Gatot Wicaksono selaku Ketua Divisi Unggas HSTP 16/17 dan Bapak Suharjiyo selaku pemilik peternakan bebek. Beliau menjelaskan lebih dalam mengenai manajemen pemeliharaan bebek yang baik dan yang selama ini diterapkan di masyarakat. Bapak Suharjo pada sesi beliau menjelaskan bahwa manajemen sangat memperngaruhi hasil. “Jika manajemen sudah baik pasti hasil yang akan didapatkan juga sesuai dengan usaha yang telah dilakukan.” terang beliau.

Selain sesi materi, ada juga kunjungan ke kandang bebek dan pembuatan telur asin yang sebagai usaha mikro masyarakat sekitar. Kandang yang dikunjungi adalah kandang milik Suharjiyo dengan kapasitas bebek sekitar 400 ekor dan kandang Bebek Belaka dengan kapasitas yang lebih banyak, yaitu sekitar 1000 ekor. Peserta diizinkan untuk berinteraksi secara langsung dengan bebek-bebek tersebut. Selain itu, peserta juga berkesempatan untuk belajar mengenai pengolahan telur asin secara langsung.

Poultry Day tentunya sangat bermanfaat bagi peserta maupun warga sekitar. Dengan terselenggaranya acara ini diharapkan peserta mendapat wawasan dan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai manajemen pemeliharaan bebek. Kedepan, kegiatan semacam ini akan terus ditingkatkan lagi dengan cakupan materi yang lebih banyak.