PENGMASVET: Peningkatan Kualitas Ternak Melalui Aksi Perbaikan Manajemen Ternak

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

PENGMASVET (Pengabdian Masyarakat Veteriner) merupakan kegiatan yang diadakan oleh PC IMAKAHI UGM yang bertujuan untuk mengembangkan softskill di bidang Veteriner serta meningkatkan jiwa sosial agar lebih peduli terhadap masyarakat. Pada tahun ini, PENGMASVET mengusung tema “Peningkatan Kualitas Ternak Melalui Aksi Perbaikan Manajemen Ternak” yang diadakan pada hari Jumat sampai Minggu tanggal 20-22 September 2019 di Dusun Dumpuh, Desa Argodadi, Sedayu, Bantul. Adapun penyuluhan yang dibawakan oleh drh. Supriyanto, MVPH. bertujuan untuk meningkatkan wawasan warga dan peserta yang meliputi manajemen kandang, manajemen pakan, dan manajemen kesehatan. Beliau memaparkan penyakit-penyakit yang sering menyerang hewan ternak mulai dari gejala hingga cara pengobatannya, baik menggunakan obat kimia ataupun pengobatan alami/herbal yang mudah ditemukan di desa, misalnya seperti tumbuh-tumbuhan. Penyuluhan ini diharapkan mampu menyadarkan warga akan pentingnya manajemen ternak yang baik, meskipun di dusun tersebut ternak hanya menjadi pekerjaan sampingan.

Acara utama pada PENGMASVET ini adalah pemberian obat cacing dan vitamin serta pemeriksaan kebuntingan secara gratis yang dipimpin langsung oleh drh. Subeno, 2 paramedis dari Puskeswan Pajangan serta mahasiswa koas FKH. Pada umumnya, infestasi cacing pada ternak jarang menyebabkan penyakit serius bahkan kematian. Akan tetapi infestasi cacing dapat menghambat pertumbuhan berat badan yang menyebabkan sapi semakin kurus sehingga secara ekonomi akan merugikan peternak. Kegiatan ini diharapkan mampu memfasilitasi peternak serta dapat meningkatkan kualitas ternak, sesuai dengan tema yang diusung pada tahun ini. Selain itu, peternak juga dapat berkonsultasi mengenai kesehatan ternaknya secara langsung dengan dokter hewan.

Kegiatan pentas seni dan senam yang kemudian dilaksanakan dihadiri oleh seluruh peserta, warga, serta karang taruna.  Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan menimbulkan interaksi sosial antarwarga dan peserta. Adapun pengadaan Sembako Murah ditujukan bagi warga yang membutuhkan, khususnya lansia.

Banyak pengalaman yang dapat diambil dari kegiatan ini, yaitu menambah wawasan Pra profesi Veteriner, kehidupan bermasayarakat, dan meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta dapat mempersiapkan diri sebagai calon dokter hewan yang siap terjun langsung ke masyarakat.