TRESNA PAK TRISNO MENGAWALI BULETIN VETERINER 2019

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Juli 2019, Badan Penerbitan Pers Mahasiswa (BPPM) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (FKH UGM) berhasil memproduksi Buletin Veteriner dengan tema “Animal and Society”. BPPM FKH UGM ingin mengajak pembaca untuk lebih memperhatikan interaksi yang terjadi antara manusia dan hewan, baik konflik maupun harmoni. Sejak awal Mei 2019, anggota BPPM telah melakukan wawancara kepada narasumber sebagai bahan penulisan artikel yang akan diangkat dalam buletin tahun ini.

Buletin Veteriner 2019 edisi kali ini berisi 24 halaman dengan cover menggunakan foto hasil jepretan anggota BPPM sendiri. Pada halaman awal terdapat artikel utama yakni Hippofocus, yang berisi penjelasan mengenai regulasi andong di wilayah Yogyakarta dari pandangan seorang kusir andong dan bagaimana peran pemerintah dalam memperhatikan  kesejahteraan hewan, khususnya kuda andong. Pak Trisno, seorang kusir andong yang sangat menyayangi kudanya, sebagai narasumber menyebutkan bahwa sudah banyak kebijakan pemeliharaan kuda andong yang diatur dalam peraturan daerah oleh pemerintah. Kebijakan tersebut meliputi kondisi kuda yang tidak boleh kurus, manajemen operasional kuda, dan manajemen kesehatannya. Artikel selanjutnya adalah mengenai peran mahasiswa FKH UGM dalam International Veterinary Students’ Association (IVSA), meliputi bagaimana cara untuk mengikuti organisasi tersebut dan susunan kepengurusannya.

Rubrikasi kedua adalahFront, yang berisi pendapat mahasiswa kedokteran hewan mengenai Animal and Society. Dalam wawancara ini kami memilih narasumber seorang punggawa dari beberapa organisasi yaitu ketua Pengurus Cabang Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia (PC IMAKAHI), Himpunan Studi Ternak Produktif (HSTP), Kelompok Studi Hewan Kesayangan (KSHK), dan Kelompok Studi Satwa Liar (KSSL). Satu hal yang sama dari pendapat mereka adalah manusia dan hewan memiliki hubungan yang saling berkesinambungan. Interaksi dan konflik yang terjadi tak lepas dari kebutuhan masing-masing untuk bertahan hidup. Perlu adanya penyuluhan kepada masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap hewan sebagai sesama makhluk hidup.

Buletin Veteriner yang sering disebut B-Vet juga memiliki banyak artikel-artikel lain yang tidak kalah menarik seperti fenomena Inbreeding (istilah yang digunakan untuk menggambarkan hubungan percintaan antar mahasiswa yang jurusannya sama yaitu FKH), War Video Porsenivet, resensi film dan buku, serta bacaan hiburan lainnya.

Dengan terbitnya Buletin Veteriner 2019 kali ini, BPPMberharap dapat menambah minat mahasiswa dalam membaca, memberikan referensi seputar dunia ke-veteriner-an, sekaligus dapat menghibur pembaca sekalian. Semoga untuk kedepannya Buletin Veteriner akan selalu hadir dengan manfaat yang lebih baik. Buletin Veteriner dapat dibaca di perpustakaan FKH UGM, atau di sekre BPPM FKH UGM.