PRIMACTIVITY: KUKANG, IN SEARCH OF OUR TOOTHLESS

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Tanggal 13 sampai dengan 14 April 2019, Divisi Primata Kelompok Studi Satwa Liar (KSSL) FKH UGM mengadakan kegiatan “Primactivity: Kukang” dengan tema In Search of Our Toothless. Saat ini, penangkapan Nycticebus javanicus atau yang dikenal dengan sebutan Kukang Jawa masih banyak dilakukan. Sebagian besar, satwa ini ditangkap untuk dijadikan hewan peliharaan dan diambil taringnya. Padahal, Kukang Jawa merupakan satwa endemik Indonesia yang saat ini terancam punah menurut organisasi dunia IUCN.

Berdasarkan persebarannya, Kukang Jawa banyak dijumpai di Hutan Kemuning, Temanggung, Jawa Tengah hingga ke bagian barat Pulau Jawa. Tim divisi primata KSSL FKH UGM yang berjumlah 25 orang melakukan ekspedisi di Hutan Kemuning untuk melakukan pengamatan pada primata ini. Berdasarkan informasi yang diperoleh,panitia, di hutan ini terdapat 10 ekor Kukang Jawa yang telah berhasil didata dan diberi tanda berupa collar. Tim dibagi menjadi tiga kelompok dan masing-masing kelompok melakukan pengamatan pada jalur yang berbeda.

Hasil akhir dari ekspedisi ini dijumpai dua ekor Kukang Jawa dengan tanda collar dan satu ekor Kukang Jawa yang tidak memakai collar. Dapat diketahui dari ekspedisi ini, ternyata masih ada Kukang Jawa yang belum teridentifikasi dan diberi tanda collar di Hutan Kemuning. Ini merupakan hal yang menggembirakan karena di alam masih bisa dijumpai Kukang Jawa yang belum tersentuh tangan manusia. Harapannya masih banyak lagi Kukang Jawa yang ada di alam sehingga satwa yang berharga ini dapat tetap lestari. Pendataan memang perlu dilakukan untuk mengetahui tingkat populasi satwa ini. Namun, pendataan harus dilakukan dengan cara yang benar sehingga tidak mengganggu kelangsungan satwa ini di alam liar.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa FKH UGM. Selain sebagai sarana belajar mengenai habitat, perilaku, dan persebaran Kukang Jawa, juga bisa menumbuhkan rasa cinta pada satwa terutama satwa endemik Indonesia untuk menjaga kelestariannya.

Salam Lestari!