KESEHATAN MULUT MENCERMINKAN KESEHATAN TUBUH HEWAN KESAYANGAN ANDA

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Sabtu (8/9) lalu, bertempat di Auditorium Fakultas Kedokteran Hewan UGM telah diadakan Seminar Nasional yang bertajuk Veterinary Dentistry “Basic Teeth and Gums Care for Pets”. Kelompok Studi Hewan Kesayangan FKH UGM mengangkat tema tersebut karena estetika gigi hewan kesayangan di kalangan pecinta hewan kecil mulai naik daun meskipun tidak semua masyarakat awam mengetahuinya. Selain itu, tanpa masyarakat sadari bahwa kesehatan rongga mulut hewan itu mencerminkan kesehatan tubuh hewan secara keseluruhan. Misalnya bakteri yang ditemukan pada plak gigi dan tartar dapat memberikan efek berbahaya pada jantung, paru-paru, ginjal, dan hati hewan.

Sekitar 200 (dua ratus) peserta dari kalangan mahasiswa kedokteran hewan dan dokter hewan dari seluruh Indonesia menghadiri seminar tersebut untuk mempelajari ilmu baru mengenai dental care yang masih baru ini. Kelompok Studi Hewan Kesayangan mengundang 4(empat) pembicara yang ahli pada bidangnya dan satu diantaranya didatangkan dari Brisbane, Australia. Keempat pembicara tersebut adalah Dr. drh. Hery Wijayanto, M.P., Dr.drh. H.R. Dhirgo Adji, M.P., drh. Siti Zaenab, dan DR. Elaine Cebuliak, BVSc, MACVSc, DipEd, Dip Rem Massage, CMAVA, CVA, Adv Dip Naturopathy, Adv Dip W Herbal Med, Adv Dip Nut, CHM.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 9.00 WIB serta diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Himne Gadjah Mada. Seminar ini diresmikan oleh Ketua Umum KSHK FKH UGM, Delvin Reza Putra dengan mengucapkan basmalah dan membunyikan gong tiga kali. Sesi pertama dibawakan oleh moderator muda dan cantik, yaitu drh. Sabrina Wahyu Wardhani. Sesi pertama ini dibuka dengan materi The Teeth yang menjelaskan anatomi mulut hewan kecil secara keseluruhan oleh Dr.drh. Hery Wijayanto, M.P. Kemudian dilanjutkan dengan materi Common Oral Disease dari drh. Siti Zaenab yang membahas penyakit yang umum terjadi pada daerah mulut hewan seperti Gingivitis dan Periodontitis serta bagaimana penanganannya. Sesi pertama diakhiri dengan sesi diskusi dimana peserta dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang bersangkutan dengan anatomi cavum oris dan penyakit umum pada mulut. Di sini terlihat bahwa banyak dokter hewan yang antusias dengan dental care maupun anatomi mulut hewan kecil dari pertanyaan-pertanyaan yang dilemparkan.

Sesi kedua dimulai setelah waktu solat dan makan. Sesi kedua ini dibawakan oleh drh. Antonia Agnes Sri BC. Materi pertama disampaikan oleh Dr.drh. H.R. Dhirgo Adji mengenai Manajemen Reparasi Fraktur Maxillofacial. Kebetulan drh. Dhirgo Adji adalah praktisi spesialis bedah hewan sehingga materi ini disampaikan dengan santai dan faktual menurut pengalaman beliau sendiri. Materi kedua yaitu Periodontal Aesthetics and Treatment  disampaikan oleh DR. Elaine Cebuliak, BVSc yang menyimpulkan dentistry hewan secara keseluruhan, didampingi oleh penerjemah bahasa yaitu drh. Alan Chandrasaputra. Sesi kedua diakhiri dengan sesi diskusi seperti sebelumnya dan antusiasme mahasiswa beserta dokter hewan yang hadir pun tidak berkurang.

Dari seminar yang diadakan ini, panitia pelaksana mengharapkan keingintahuan mahasiswa yang lebih besar lagi mengenai kesehatan mulut hewan dan mendoakan agar ilmu yang didapat pada seminar ini dapat diaplikasikan oleh dokter hewan praktisi terhadap pasiennya. Semoga di tahun yang akan datang, bidang veterinary dentistry dapat memiliki banyak peminat dan bermanfaat bagi masyarakat melalui kesehatan hewan.

Semboyan kami, Manusya Mriga Satwa Sewaka.