KMMV Seminar Media

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Sabtu, (05/05/2018) telah dilaksanakan kegiatan seminar media dengan pembicara yaitu Kurnia Novianti, beliau adalah seorang mahasiswa sekaligus freelance photographer, dan juga pernah mendapatkan juara satu di Nikon Photo Contest. Seminar media ini diselenggarakan oleh departemen Media Informasi dan Opini KMMV FKH UGM, dengan tema “Instagramable, Eksistensi Diri Dalam Kefanaan Sosial” yang bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa muslim agar bijak menggunakan sosial media agar bermanfaat dan positif. Kegiatan Seminar media dimulai pukul 08.00 WIB di ruang 103 FKH UGM, acara diawali dengan doa, kemudian pembukaan, setelah itu tilawah yang dibacakan oleh saudara Muha Naufal, dan selanjutnya yaitu sambutan dari ketua panitia M Fariz Asidiq lalu sambutan dari Drh. Irkham selaku pembina KMMV FKH UGM. Setelah sambutan kemudian diisi oleh pembicara yaitu Kurnia Noviati, pertama tentang bagaimana cara menjadi netizen yang baik dan benar sesuai dengan ajaran Islam.

Seperti yang dikatakan pembicara mbak kurnia Novianti yaitu tentang etika bermedia sosial adalah : (1)Berkomentar dengan baik dan sopan,(2)Muroqobatullah, yaitu merasa diawasi oleh Allah SWT, jadi kita tidak boleh sembarangan menggunakan sosial media, (3)Istifadah, yaitu menimbang mana yang bermanfaat dan tidak bermanfaat agar tidak terjerumus kedalam lingkaran fitnah yang disebarkan oleh akun penyebar hoax, (4)Bertanggung jawab, setiap apa yang kita posting di instagram harus ada pertanggung jawabanya, (5)Wasilah, jadi penggunaan sosial media sebagai perantara/media, dengan mengunggah hal-hal yang bermanfaat seperti self reminder, tips and trik dan sebagainya atau juga bisa sebagai lahan iklan bisnis, (6)Ikhlas, bolehmengunggahkegiatanpositif yang kita lakukan namun bukan bertujuan untuk memamerkan, kita harus ikhlas beramal saleh.

Setelah kajian diberikan oleh pembicara, kemudian lanjut ke materi berikutnya yaitu tentang tips dan trik fotografi. Setelah materi fotografi kemudian peserta mempraktekannya menggunakan kamera ponsel, dan akan dinilai oleh pembicara. Peserta antusias dan berlomba-lomba untuk mengambil objek gambar setelah itu di share di Instagram dengan caption semenarik mungkin, pemenang akan mendapatkan hadiah. Setelah penilaian oleh pembicara akhirnya juara pertama dimenangkan oleh Bakas dengan nama akun Instagram @wirandie, juara kedua yaitu Muna dengan akun instagram @muna_fadhilah,  kemudian juara ketiga yaitu zulfa dengan akun Instagram @zulfajul.

Setelah sesi fotografi acara ditutup dengan doa, dan berlanjut dengan sesi foto bersama pembicara dengan peserta, dan tidak lupa memberikan kenang-kenangan berupa sertifikan untuk pembicara dan peserta, acara berakhir sekitar pukul 13.00 WIB.

#KMMVBersatu
#KarenaKitaKeluarga