WORLD VETERINARY DAY FKH UGM 2018

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

World Veterinary Day merupakan perayaan sekaligus momen penting bagi profesi kedokteran hewan di dunia. Hari besar ini tentu diperingati juga oleh Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Perayaan oleh KM FKH UGM dilaksanakan pada 28-29 April 2018 dengan rangkaian kegiatan longmarch dan pemeriksaan hewan gratis.

Tahun ini, peringatan hari kedokteran hewan oleh KM FKH UGM mengusung tema Animal Welfare for Human Being, dengan tujuan utama adalah menyampaikan kepada masyarakat mengenai pentingnya kesejahteraan hewan sebagai sesama makhluk hidup. Bentuk sosialisasi dilakukan melalui aksi longmarh dari Kantong Parkir Abu Bakar Ali Malioboro hingga Titik 0 Yogyakarta. Longmarch dilakukan oleh mahasiswa FKH UGM dengan didominasi oleh angkatan 2015, 2016, dan 2017.Tidak hanya itu, peserta juga datang dari komunitas ‘Cat Lovers’ di Yogyakarta.

Longmarch dilakukan di hari Sabtu, 28 April 2018 pukul 15.30 hingga 17.00 WIB. Peserta mengenakan dresscode ungu sebagai ikon dari profesi dokter hewan. Aksi longmarch ini dipimpin oleh Ketua KM FKH UGM, Ketua PB IMAKAHI, dan Ketua BEM secara langsung. Seraya menyampaikan pesan akan pentingnya kesejahteraan hewan, peserta longmarch membagikan makanan kucing kepada masyarakat, mengingat begitu banyak kucing liar yang belum sejahtera dalam hal pakan.

Seusai melaksanakan aksi longmarch, KM FKH UGM melakukan sosialisasi di Titik 0 Yogyakarta. Banyak sekali masyarakat yang antusias dan penasaran akan kegiatan yang dilakukan oleh KM FKH UGM, mulai dari kalangan dewasa, remaja hingga anak-anak. Bahkan, terdapat siswi kelas IV SD yang kemudian bercita-cita menjadi dokter hewan karena keinginan untuk mencintai dan mensejahterakan hewan.

Acara tidak berhenti sampai disitu saja. 29 April 2018, KM FKH UGM menyediakan empat tenaga dokter hewan untuk pemeriksaan gratis di Lapangan Diagnostik FKH UGM. Dalam hal ini, KM FKH UGM bekerja sama dengan PDHI Cabang Yogyakarta. Hewan yang diperiksakan bervariasi, namun lebih dominan hewan anjing dan kucing. Dalam pemeriksaan gratis ini, terdapat pula pembagian vaksin anjing secara gratis untuk 20 pengunjung pertama. Rangkaian pemeriksaan gratis dilaksanakan pukul 09.00-12.00 WIB.

Dengan rangkaian acara peringatan World Veterinary Day 2018, diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat akan pentingnya kesejahteraan hewan sebagai sesama makhluk hidup.

Manusya Mriga Satwa Sewaka, selamat hari Kedokteran Hewan!

Viva Veteriner!

[ngg_images source=”galleries” container_ids=”2″ display_type=”photocrati-nextgen_basic_slideshow” gallery_width=”600″ gallery_height=”400″ cycle_effect=”fade” cycle_interval=”10″ show_thumbnail_link=”1″ thumbnail_link_text=”[Show thumbnails]” order_by=”sortorder” order_direction=”ASC” returns=”included” maximum_entity_count=”500″]